Wednesday, 21 April, 2021

Kanwil Kemenag SU Terima Kunjungan Komisi Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional MUI SU


Medan (muisumut.com) – Komisi Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional (Komisi Hublu/ KI) MUI Provinsi Sumatera Utara (MUI SU) Rabu (31/3) mengunjungi Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara (Kemenag SU) dengan standar penerapan protokol kesehatan yang berlaku. Kunjungan 10 orang personil Bidang/ Komisi yang dipimpin oleh KH. Akhyar Nasution, Lc MA.

Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Kepala Kanwil Kemenag SU Drs. H. Syahrul Wirda, MM didampingi Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Drs. H. Mukhsin Batubara, M.Pd.

Kunjungan dimaksudkan sebagai salam perkenalan dari kepengurusan Komisi Hublu-KI MUI-SU yang baru sekaligus bertukar informasi mengenai pendidikan luar negeri yang dikelola oleh Kemenag Prov. Sumut.

Pertemuan berlangsung dalam suasana santai, khidmad dan tenang namun berisi pembahasan yang sarat dengan kajian menarik. Kakanwil merasa sangat senang dikunjungi oleh pengurus Komisi Hublu KI yang merupakan alumni universitas/program pendidikan dari berbagai negara, serta sangat mengapresiasi keberagaman pendidikan dan pengalaman yang ada di kepengurusan baru Komisi Hublu-KI tersebut.

“Setiap tahunnya Pesantren Modern Gontor mendapat kuota 80 orang santri yang masuk ke Universitas Al Azhar Mesir, sedangkan untuk seluruh Kanwil Departemen Agama di seluruh Indonesia secara total juga hanya mendapat kuota 80 orang yang masuk ke Universitas Al Azhar Mesir”, papar Kakanwil menyoroti pemberian kuota khusus dari Universitas Al Azhar kepada Pesantren Modern Gontor.

Kabid Hublu/ KI MUISU KH. Akhyar Nasution, Lc. MA menjelaskan, Komisi Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional MUI SU saat ini juga sedang menyiapkan Pusat Informasi Studi Islam ke Luar Negeri baik dalam format digital di media sosial maupun pusat informasi di kantor MUI SU sebagai sumber informasi terpadu untuk santri/ pelajar/ mahasiswa yang ingin mendapatkan informasi belajar ke luar negeri.

Ketua Komisi Hublu/ KI Dr. H. Abdi Syahrial, Lc. MA juga menambahkan bahwa komisi yang dipimpinnya akan mengadakan Bimbingan Studi ke luar negeri.

Untuk itu, kata Abdi, sangat diharapkan agar Kanwil Kemenag dapat memberikan dukungan dengan menginformasikan kisi-kisi soal ujian tahun-tahun sebelumnya sebagai bahan referensi.

“Berdasarkan pengalaman, Universitas di negara-negara Arab akan merasa sangat dihormati jika dikunjungi langsung secara berkala dan mereka akan memberikan kuota yang memadai ketika hubungan baik tersebut dibina,” tambah anggota Komisi Hublu/ KI Drs. H. Naziruddin Idris, Lc.

Untuk itu, lanjut Naziruddin, diharapkan agar Kanwil Kemenag SU dapat membangun hubungan baik dengan Universitas di luar negeri khususnya di negara-negara Arab agar Sumatera Utara juga bisa mendapat kuota yang cukup bagi para calon mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah.

Hal ini ditanggapi oleh Kakanwil bahwa pada dasarnya model soal selalu mirip dari waktu ke waktu dan apa-apa yang sudah pernah dialami oleh personil Komisi Hublu/ KI MUI SU ketika seleksi dahulu, lebih kurang soalnya tetap seperti model itu.

Kakanwil Kemenag SU juga menyatakan akan mengupayakan dana beasiswa untuk pelajar yang kurang mampu yang berasal dari daerah-daerah di Sumatera Utara untuk kuliah di perguruan tinggi. Dana beasiswa tersebut akan dibicarakan dengan Kepala Bazis. Selanjutnya mereka akan diikat dalam suatu perjanjian untuk kembali ke daerah asal dan berkontribusi di daerah asalnya tersebut untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Menjelang akhir pertemuan, Sekretaris Komisi H. Muhammad Irsan Nasution SE. Ak CA MAk menyampaikan harapan agar Kanwil Kemenag SU selalu bersinergi dengan MUI SU khususnya mengenai informasi pendidikan ke Luar Negeri.

“Sudah merupakan kewajiban kami untuk membantu pengembangan sumberdaya manusia yang ada di provinsi Sumatera Utara,” pungkas Kakanwil.

Pertemuan diakhiri tepat pukul 09.35 WIB ditandai dengan foto bersama para Pengurus Komisi Hublu-KI MUI SU bersama Kakanwil Kemenag SU beserta staf. (Akmal)

//
Konsultasi
Kirimkan via WhatsApp?