Friday, 26 February, 2021

KEGIATAN DI MUI SUMUT MULAI MENGGELIAT PASCA PENGUKUHAN


Muisumut.com. Medan 16 Februari 2020

Usai dikukuhkannya pengurus MUI Sumut masa khidmat 2020-2025 Kamis 9 Februari lalu, segenap Ketua bidang memulai rapat perdananya. Hal itu ditandai dengan digelarnya rapat perdana yang dilakukan Komisi Fatwa MUI Selasa (16/2) di  Ruang rapat Komisi Fatwa. Turut  hadir dalam pembukaan rapat Ketua Umum MUI Sumut Dr H Maratua Simanjuntak MA dan Wakil Ketua Umum Dr H Arso MA.

Ketua MUI Sumut Dr H Maratua Simanjutak mengatakan, “Pedoman sebagai komisi Fatwa MUI Sumut kita berlandaskan Alquran surah Al baqarah 143 sebagai ummatan washatiyah, prinsip inilah yang menjadi landasan dalam berfatawa,” ujarnya.

Maratua menegaskan bahwa MUI sudah melakukan beberapa perubahan seperti yang tertuang dalam buku pedoman dasar, kita berusaha melakukan perubahan diantaranya mengedepankan kedisiplinan dalam menjalankan tugas.

Wakil Ketua MUI Sumut Dr H Arso MA mengatakan, “bahwa dalam menjalankan tugas di Komisi fatwa harus ikhlas dalam beramal, baik dalam kehadiran maupun dalam mencurahkan ilmunya dan meneriman merespon pendapat orang lain, sehingga dapat bekerja sama,” tegasnya.

Komisi Fatwa pada rapat perdananya untuk masa khidmat 2020-2025 bersidang secara marathon mulai pukul 9.30 pagi hingga menjelang ashar hal ini mengingat hampir 2 bulan tidak bersidang sehingga memiliki banyak agenda yang perlu dibahas terutama sidang sertifikat halal  bersama LPPOM, demikian disampaikan Sekretaris Bidang Fatwa, Irwansyah, M.HI selesai rapat.

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa muzakarah yang biasanya dilaksanakan setiap ahad ke-empat akan Kembali di gelar, yang semenjak Desember dan Januari tidak dapat dilaksanakan. Tentunya dalam pelaksanaan Muzakarah tersebut tetap mematuhi protokoler Kesehatan seperti sebelum masuk akan dilaksanakan pengecekan suhu tubuh, mencuci tangan, mewajibkan memakai masker dan membatasi peserta agar dapat menjaga jarak peserta. Untuk itulah komisi fatwa bekerjasama dengan komisi Infokom untuk menyiarkan secara langsung  melalui televisi streaming MUI Sumut  di channel Youtube MUI Sumut Tenda Besar Umat Islam.

Sementara  itu Komisi Informasi dan Komunikasi (INFOKOM). Ketua Bidang INFOKOM Dr Akmaluddin Syahputra M.Hum mengatakan, “Komisi INFOKOM melakukan rapat perdana hari ini, kami telah menyusun beberapa agenda kerja dan berkomitmen menginformasikan setiap yang berkaitan dengan MUI Sumut agar sampai ke masyarakat,” ujarnya di Kedai Wakaf MUI Sumut.

Akmaluddin menambahkan bahwa dalam rapat perdana ini dihadiri oleh Sekretaris Bidang INFOKOM Dr Wirman L Tobing MA, Ketua Komisi INFOKOM Dr Syahrul Nasution MA, kami berharap dapat bekerja sama dalam menyampaikan informasi baik media cetak maupun elektronik. 

(Saddan Yasir)

//
Konsultasi
Kirimkan via WhatsApp?