Ketua MUI SU Dr H Maratua Simanjuntak : MUI SU Minta Pemerintah Batasi Izin Pendirian Super Market di Sumatera Utara.

0
222 views

muisumut com. Medan.- Ketua Umum MUI-SU, DR H. Maratua Simanjuntak, kembali mengingatkan agar pemerintah membatasi pendirian supar market  dari pemodal besar  karena sangat menghacurkan pedagang kecil, disebabkan kalah bersaing. ” Pak Gubernur, kembali saya sampaikan pada kepengurusan MUI SU priode 2015 -2020, lalu lewat Lembaga Advokasi Umat Islam ( LADUI) telah menyampaikan pernyataan agar pemerintah membatasi izin berdiri Super maket, karena sangat memukul pedagang kecil. Terutama dari kalangan pedagang umat Islam'” katanya saat memberikan sambutan pada acara pembukaan Desa Wisata Ramadhan 1442 H  MUI SU, di  Taman  Siba Indah, Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang ( Selasa, 20/4 -2021) . Acara tersebut selain dibuka oleh Gubsu Edy Rahmayadi, juga dihadiri oleh Wakil Bupati Deli Serdang, pejabat Pemprovsu, ulama, UMKN dan masyarakat setempat.

Disebutkan Maratua Simanjuntak, pada keperngurusan MUI SU yang baru Periode 2020-2025, kembali  mengingatkan hal ini mengingat kehadirin Super market hingga kepadesaan sangat memperihatinkan bagi pedagang kecil, sehingga mempersulit perekonomian umat. Ini kenyatan yang terjadi” tegasnya.

Beliau begitu khawatir, akan terjadi kemisikinan sehingga dari kemiskinan itu dapat menjadikan  kekufuran, atau engkar, mengingat ditempat-tempat tersebut mayoritas umat Islam termasuk dari UMKN nya. Oleh karena itu lanjut Maratua Simanjutak, wajar MUI SU mulai  mengajak revolusi dakwah, agar dakwah tidak hanya bicara  puasa, tapi kita bicara mengamalkan “Rabbana Atina fiddun ya hassanah wafil akhirati hasanah wakina azabannar”  bahwa yang diperlukan  adalah kebahagian di dunia  didahulukan dan insya Allah kebahagian  juga diakhirat ” tegasnya.

Jadi katanya setelah adanya diskusi, maka dilaksana wisata  Ramadhan 1442 H oleh Komisi Ekonomi MUI SU, dengan tujuan untuk menggairahkan penigkatan ekonomi umat Islam. ia mengakui kehadirian wisata Ramadhan ini masih belum sempurna, diyakini masa mendatang  akan lebih baik. Maka MUI SU berkja sama dengan beberapa elemen dan digerakkan oleh Komisi ekonomi MUI SU, dengan melakukan berbagai kegiatan dalam  peningkatan ekonomi.

Pada kesempatan itu Ketua Komisi Ekonomi MUI SU  yang dipilih pada priode 2020-2025, H, Syarifuddin Siba SH,M Hum,  begitu terpanggil untuk melaksanan acara ini  dalam memperkuat ekonomi umat .  Ia menyebutkan dipilih lokasi  Taman siba Indah, di Hamparan Perak, Kabuapoetn Deli Serdang, mengingat perkonomian umat lebih terpusat di pedesan. Apalagi pemerintah saat ini akan mengembangkan daerah pesesir pantai Timur sehinga sangat tepat dilakukan di Hamparan Perak yang ada dipesisir pantai. Lebih lanjut    langkah awal lewat wisata Ramadhan ini dengan mengganding MUI tak lain jika kegiatan wisata pedesan ini maju, bisa terjadi pula kemakasiatan. Jadi dengan adanya MUI kemaksiatan itu akan bisa dihempang . Dengan demikian ekonomi umat akan bergeliat dan berharap mendapat dukungan pemerintah dalam berbagai kegiatan ekonomi . ” mudah-mudahan kegiatan akan berlanjut tahun mendatang ,sesuai dengan tujuan pemerintah yang ingin melaksanaka wisata pesisir pantai. Apalagi nanti terwujudnya  provinsi baru Tapanuli Raya, tinggal objek wista berada di pesisir pantai  jadi andalan ” Objek wisata pesisir pantai harus kita kelola ” tegasnya  ( husni.as)