KOMISI HLNKI RINTIS PENDIRIAN PUSAT INFORMASI STUDI LUAR NEGERI

0
147 views

muisumut.com. komisi luar negeri, Medan, 1/5/2021

Tidak kurang dari 155 orang tercatat mendaftarkan diri untuk mengikuti Webinar Series-1 dengan tema “Kiat Sukses Belajar di Luar Negeri” yang diselenggarakan oleh Komisi Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional (HLNKI) Majelis Ulama Indonesia Provinsi Sumatera Utara (MUI-SU) pada hari Sabtu, 1 Mei 2021. Webinar yang diadakan secara hybrid (gabungan daring dan luring) itu dibuka secara resmi oleh Ketua Umum MUI Sumatera Utara Dr. H. Maratua Simanjuntak. Dalam sambutannya, Ketua Umum sangat mengapresiasi upaya Komisi HLNKI untuk terlaksananya Webinar yang menghadirkan Pembicara dari luar negeri dan peserta yang tidak hanya berasal dari Sumatera Utara, tetapi juga dari Aceh, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan, dan Sulawesi.

Pada webinar seri pertama ini hadir pembicara dari Syria yakni Dr. Amiruddin Thamrin, Lc MA (Staf KBRI di Damascus, Syria); dan dari Switzerland Dr. Nur Hasanah mewakili Asosiasi Alumni ETH Zurich. Kedua narasumber banyak menceritakan pengalaman belajar dan hidup di luar negeri serta sangat menginspirasi para peserta yang umumnya masih berusia muda untuk terus bersemangat meraih mimpi untuk bisa melanjutkan pendidikan di luar negeri. Meski sangat disayangkan hubungan jarak jauh dengan Syria sempat mengalami gangguan, namun kekosongan dapat diisi oleh Ibu Dr. Nur Hasanah yang sudah siap dengan paparan presentasi dan informasi beasiswa yang banyak diminati peserta.

Melalui kesempatan webinar ini pula, Komisi HLNKI MUI-SU memperkenalkan wacana pendirian Pusat Informasi Studi Luar Negeri MUI Sumatera Utara yang nantinya akan menjadi sumber informasi sekolah, kuliah, beasiswa serta wadah pembekalan dan bimbingan bagi masyarakat yang ingin menempuh pendidikan di luar negeri. Rencana ini disambut baik oleh semua pihak khususnya para peserta webinar yang selama ini merasa sangat kurang mendapatkan akses informasi dan bimbingan untuk melanjutkan studi di luar negeri, baik ke negara Timur Tengah, Eropa, dan negara-negara lainnya.

Webinar ditutup oleh Sekretaris Umum MUI Sumatera Utara Prof. Dr. H. Asmuni pada pukul 15.40 WIB tepat sebelum azan Ashar berkumandang.

(Kontributor: Yulia Indawardhani, SS, MSP)