MUI Sumut Gelar Pelatihan Bilal Mayit Dan Penguatan Akidah

0
400 views

MEDAN (Waspada): Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumut, menggelar pelatihan bilal mayit penguatan akidah sosial bagi umat Islam, berlangsung Minggu (28/6) dilaksanakan Komisi Sosial, Lingkungan Hidup dan SDA.

Sekretaris MUI Sumut, Dr H Ardiansyah menyebutkan, pelaksanaan fardu kifayah atau kewajiban umat Islam terhadap umat yang telah meninggal dunia terutama di masa pandemi Covid-19 ini sangat sulit, mengingat tata cara proses jenazah wajib melalui protokol kesehatan ekstra ketat hingga proses pemakaman yang hanya boleh dilakukan petugas yang telah ditetapkan.

“Karena itu sangat dibutuhkan edukasi dan sosialisasi kepada umat Islam khususnya, sehingga diharapkan dapat dengan lapang hati menyerahkan proses fardu kifayah kepada petugas,” katanya.

Karennya, kata Ardiansyah didampingi Wakil Ketua Umum, Dr H Arso, Ketua Komisi Sosial Dr H Abdul Hamid Ritonga, berkaitan dengan hal itu MUI telah menerbitkan Fatwa Nomor 18 Tahun 2020 Tentang Pedoman Pengurusan Jenazah Bagi Muslim yang Terinfeksi Covid-19

Dia juga mengakui cukup banyak ditemukan protes keluarga jamaah yang merasa kurang puas dengan proses fardu kifayah oleh petugas, lalu memaksakan diri untuk melakukan sendiri proses tersebut tanpa mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Saat disinggung realisasi usulan tersebut, Ardiansyah menyampaikan bahwa sepenuhnya menjadi kewenangan Tim Gugus Tugas.

Maka, sambung, Ardiansyah mengingatkan pentingnya melaksanakan tata cara fardu kifayah sesuai tuntunan ajaran Islam dan Hadis Nabi Muhammad yang menganjurkan untuk memuliakan orang yang meninggal dunia.

Sebagai nara sumber pada kegiatan yang diikuti bilal mayit dari Medan, Deliserdang dan Serdangbedagai itu adalah Drs. H Abdur Rahman Kasbi. (m22)

https://waspada.id/medan/mui-sumut-gelar-pelatihan-bilal-mayit-dan-penguatan-akidah/