Komisi Sosial dan Bencana MUI SU Bekerja sama dengan KOPASUDE (Komunitas Peduli Anak Sungai Deli) Memberikan Bimbingan Penyuluhan.

0
160 views

muisumut.com. komisi sosial & bencana, Medan, 1Mei 2021

Komisi Sosial dan Bencana MUI SUMUT yang diketuai oleh Dewan Pimpinannya Dra. Hj.Laila Rohani, M.Hum dan Sekretarisnya Dra.Hj.Nani Ayum Panggabean mengadakan kegiatan Penyuluhan dan Pelatihan ke Daerah Aliran Sungai Deli lokasi Rawan Banjir pada Hari Sabtu tanggal 1 Mei 2021 /19 Ramadhan 1442 H di Sanggar KOPASUDE (Komunitas Peduli Anak Sungai Deli) Jalan Badur Medan. Pukul 09.00 sd Selesai.

         Kegiatan Pelatihan tentang Kebencanaan, ini adalahbagaimana upaya penanggulangan bencana dan apa yang dilakukan bila terjadi bencana. Materi ini disampaikan oleh Bapak Rahmat Sembiring, MSc.Ph.D dan Bagaimana Pandangan Islam tentang Bencana disampaikan oleh Bapak Heri Syahputra, STh, MTh.

       Pelatihan ini berjalan dengan seru hangat dan menyenangkan karena ada games yang diberikan kepada anak anak dan siapa yang dapat menjawab dengan benar diberikan hadiah pulpen yang bentuknya cantik dan menarik.

        Para teman teman dari Komisi Sosial dan Bencana MUI SUMUT dan para Pendamping dari KOPASUDE yang terdiri dari Mahasiswa dan pelajar ini diketuai oleh Rizki Agung, semua  sangat antusias membantu Narasumber mempraktikkan bagaima upaya yang dilakukan ketika terjadi Bencana. Kegiatan inipun diiringi dengan nyanyi bersama.

       Alhamdulillah anak anak pinggiran Sungai Deli ini yang tinggal di daerah kumuh, tempat tinggalnya yang sempit, sangat memprihatinkan, mencuci dan mandi dari Air sungai Deli yang keruh tapi mereka tertawa sumringah dan gembira menerima ilmu. Pulangnya selesai acara mereka diberi Takjil dan kurma.

       Buku Tuntunan Sholat, Qur’an, Masker, Handsanitazer, alat tulis yang dibawa Komisi Sosial dan Bencana MUI SUMUT diberikan kepada Pengurus KOPASUDE dan di letak di Sanggar. Lantai dua sanggar yang sederhana itu ada meja baca dan tulis serta ada Perpustakaan mini.

        Demikian kegiatan Komisi Sosial dan Bencana MUI SUMUT yang kompak dengan semboyan Ibadah, Ikhlas dan Berkah, dengan kegiatan “Menjemput Berkah Ramadhan 1442 H.” (Komsosben MUI SU)