MUI LAKSANAKAN ACARA GERAKAN NASIONAL PENANGGULANGAN COVID-19 DI SUMATERA UTARA

0
243 views

Medan, muisumut.com, Majelis Ulama Indonesia Pusat bekerjasama dengan MUI Sumatera Utara melaksanakan Acara Gerakan Nasional Penanggulangan Covid-19 berbasis Fatwa MUI selama dua hari di Medan. Acara yang dilangsungkan di Ballroom Grand Inna Medan mulai 12-13 Juni 2021 itu dihadiri oleh Pimpinan dan Pengurus MUI Sumatera Utara dari berbagai utusan Ormas Islam diantaranya Al Jam’iyatul Washliyah, NU, Muhammadiyah, al-Ittihadiyah, KAHMI, PERTI, IPHI, dan lainnya.
Acara ini dibuka secara resmi oleh Ketua MUI Dr. H. Yusnar Yusuf, MS. Dalam sambutan pembukaannya Yusnar Yusuf menyampaikan bahwa Covid-19 adalah tanggungjawab bersama-sama untuk melawannya bagi seluruh masyarakat. Peran MUI bukan hanya sebatas fatwa namun juga menyuarakan fatwa-fatwa MUI kepada masyrakat agar menjaga Kesehatan, imunitas tubuh serta meningkatkan keimanan kepada Allah swt. Covid itu menyakitkan, ujarnya.
Yusnar Yusuf yang pernah terinfeksi dengan virus corona dan menjalani perawatan secara serius di rumah sakit. Walau sekarang sudah dinyatakan sembuh, namun kondisinya belum pulih seperti sedia kala, kondisi tubuh belum normal, imbuhnya.
Yusnar juga menjelaskan pengalamannya selama dirawat di berbagai Rumah Sakit bahwa menguatkan iman kepada Allah, secara khusus Yusnar membaca Alquran semasa menjalani perawatan dan ternyata berpengaruh signifikan terhadap kesembuhannya.

Dalam acara tersebut juga menampilkan Narasumber dari MUI Jakarta seperti KH. Rahman Dahlan dengan materi penyelenggaraan di masa pandemi Covid-19, H Asrori S Karni dengan materi implementasi fatwa Muamalah di media sosial dalam menghadapi pandemi covid-19. Sementara itu. KH Akhyar Nasution yang merupakan narasumber dari MUI Sumatera Utara menyampaikan materi tentang Solusi Ulama terhadap problematika keumatan di Daerah dalam penanganan covid-19. Dalam penyampaianya Akhyar menyebut bahwa fenomena covid-19 ini banyak berdampak termasuk kepada persoalan ekonomi umat. Karena itu MUI SU sebagai central dan payung besar umat Islam khususnya MUI Sumatera Utara harus berperan aktif menyuarakan kepada umat untuk bangkit. Jangan terlalu takut yang berlebihan, ikhtiar tetap dijalankan namun keimanan juga harus dimantapkan. Ujarnya…
Narasumber lain juga disi oleh Prof. Syahrin Harahap dan Dr dr. Delyuzar dari Praktisi Kesehatan yang banyak menangani pasien covid-19 di Sumatera Utara. Diskusi-diskusi yang dipandu moderator-moderator Dr. Arifinsyah, M.Ag, Erni Julianaal-Hasanah Nasution, Ahmad Baidun dan Laila Rohani memunculkan banyak usulan-usulan dan rekomendasi baik untuk pemerintah maupun tenaga Kesehatan.
Di sisi lain, Ketua Umum MUI SU Dr H Maratua Simanjuntak menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada MUI yang telah mempercayakan acara ini untuk dilaksanakan di Sumatera Utara dengan kapitiaan dari Dewan Pimpinan MUI Sumatera Utara. Dalam keterangannya, ketua Panitia Prof. Dr. H. Hasan Bakti Nasution, MA didampingi Sekretaris Irwansyah mengatakan kepada media bahwa Tindaklanjut acara ini di antaranya MUI SU akan berkordinasi dengan gugus tugas percepatan penanganan covid 19 Provinsi Sumatera Utara untuk melaksanakan acara yang sama di Kabupaten Kota se Sumatera Utara. Hasan Bakti juga menambahkan bahwa Acara yang ditutup langsung oleh Sekjen MUI Dr. Amirsyah Tambunan itu ditayangkan melalui TV Streaming MUI Sumatera Utara serta diikuti oleh MUI Kabupaten/Kota secara Virtual.