STUDI DI LUAR NEGERI, WHY NOT?

0
288 views

muisumut.com. Komisi Luar Negeri. Senin 26 April 2021

Ada banyak alasan mengapa studi di luar negeri menjadi target pilihan  bagi para milenial Indonesia, khususnya pemuda pemudi Islam. Selain terbuka luasnya pilihan program studi, pendidikan di luar negeri juga sangat memungkinkan kita untuk mempelajari berbagai perspektif baru dan memperluas jejaring internasional yang akan sangat berguna untuk membangun karir di masa depan. Akan tetapi keterbatasan informasi menciptakan banyak mispersepsi tentang pendidikan di luar negeri, misalnya tentang pilihan program studi, peluang beasiswa, penguasaan bahasa asing, biaya hidup yang tinggi, adaptasi di negara tujuan, dan berbagai stigma negatif lainnya.

Fakta inilah yang mendorong Komisi Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional (HLNKI) MUI Sumut menyelenggarakan serangkaian Webinar Series “Kiat sukses belajar di luar negeri” dengan menampilkan pemateri yang memiliki pengalaman studi luar negeri dari berbagai Universitas ternama seluruh dunia.

Hal ini terangkum dalam hasil Rapat Rutin Bulanan Komisi HLNKI yang berlangsung kemarin (21/4) di sebuah kafe kuliner di kawasan Jalan Veteran Pasar V Helvetia. Rapat yang dihadiri oleh anggota Komisi tersebut berjalan efektif dan lancar serta diakhiri dengan Berbuka Puasa Bersama.

Ketua Bidang HLNKI MUI Sumut, KH. Akhyar Nasution, Lc MA, dalam konfirmasinya menyatakan bahwa sudah ada tiga pemateri dari luar negeri yang bersedia mengisi acara webinar. Untuk Webinar Series Pertama pada tanggal 1 Mei 2021 akan diisi oleh Dr. Nurhasanah (Swiss) dengan judul “Study in Europe, Why Not?” dan Dr. Amiruddin Thamrin, Lc MA (Suriah) dengan judul “Kuliah di Suriah Tidak Membuat Seseorang Berfaham Radikal”. Sedangkan Webinar Series Kedua dibawakan oleh pemateri Dr. Hasan Mahmood (Sudan) yang rencananya akan dilaksanakan setelah Idul Fitri.

“Webinar ini nantinya akan kita adakan secara hybrid, yaitu gabungan daring dan luring. Jadi ada peserta yang mengikuti dari Kantor MUI Sumatera Utara dan ada yang mengikuti secara online. Pemateri juga akan tampil secara daring melalui aplikasi Zoom dan Youtube Streaming yang kita pusatkan di tempat acara nanti. Tentunya semua peserta luring kita atur dengan penerapan Protokol Kesehatan yang ketat.” papar Ketua Komisi HLNKI Dr. H. Abdi Syahrial Harahap, Lc MA yang juga Ketua Panitia Webinar. (yul)

Kontributor : Yulia Indawardhani (Anggota Komisi HLNKI MUI Sumut)