Rakor Bidang/Komisi Pelatihan, Pengkajian, dan Pengembangan MUI Sumut Akan Ciptakan Standart Penelitian

0
99 views

Melalui Komisi LITBANG, MUI Sumatera Utara akan ciptakan standart penelitian untuk Komisi Penelitian, Pengkajian dan Pengembangan (Litbang) MUI provinsi Sumatera Utara.

Hal ini diutarakan saat digelar Rapat Kordinasi (rakor) dengan tema rapat “Mengembangkan Manajemen Organisasi Penelitian yang Akuntabel dan Profesional” di Aula MUI Sumut, pada Ahad (14/11).

Dr. Sulidar, MA selaku Ketua Komisi mengucapkan terimakasih kepada panitia sekaligus memberikan apresiasi atas terwujudnya kegiatan ini.

Sulidar menganggap bahwa kegiatan ini penting agar penelitian MUI Sumut kedepannya menjadi penelitian yang profesional.

“Saya berterima kasih kepada panitia, ini kegiatan yang memang sangat penting. Tentu dengan tujuan agar penelitian pengkajian dan pengembangan MUI agar lebih baik lagi dan profesional”, ungkapnya.

Selain itu, Kabid Penelitian Pengkajian dan Pengembangan MUI Sumut, Prof. Dr. Fachruddin Azmi, MA dalam sambutannya menegaskan tujuan terwujudnya rapat koordinasi ini untuk menciptakan standart operating procedure penelitian yang akuntabel dan profesional.

“Selain bertujuan untuk menjalin silaturahim dan komunikasi antar komisi Penelitian Pengkajian dan Pengembangan MUI di daerah, rapat ini juga akan menginovasikan model, dan SOP penelitian, pengkajian dan pengembangan. Dalam meneliti kita butuh big data, agar akuntabel dan profesional”, tegasnya.

Acara rapat ini dibuka oleh Ketua Umum yang diwakili oleh Dr. H. Arso, M.Ag selaku wakil ketua umum. Dalam sambutannya Arso mengungkapkan bahwa tema ini sangat relevan dengan tuntutan tugas MUI Sumut sebagai tenda besar umat Islam.

“MUI harus aktual, faktual, akuntabilitas, profesional dalam melakukan penelitian. Kita dituntut untuk itu, sebab kita merupakan tenda besar umat islam”, ucapnya.

Di samping itu, Arso berharap agar komisi Litbang tetap menjaga semangat dan jiwa profesional dalam meneliti.

“Saya berharap Komisi Litbang tetap semangat, profesional, demi tercapainya penelitian-penelitian yang mengharumkan nama MUI Sumut”, tandasnya.

Tidak hanya dihadiri oleh tim komisi Litbang MUI Sumut, rapat ini juga dihadiri tim komisi Litbang dari MUI kabupaten kota. Digelar juga secara online melalui via zoom, kegiatan ini membuka kesempatan bagi peserta daerah yang berhalangan hadir.

Selain itu, MUI Sumut juga menayangkan rapat ini secara live di kanal YouTube MUI Tenda Besar Umat Islam.