Komsosben MUI SU Gelar Aksi Tanggap Bencana dengan Bhakti Sosial

0
81 views
  Medan, (muisumut.com) – Saat Sungai Deli meluap kembali baru-baru ini memicu terjadinya banjir. Walhasil, warga kota Medan yang menetap di pinggiran sungai terdampak bencana banjir, termasuk Warga Kampung Aur di sekitar kawasan Jalan Brigjen Katamso.
Merespons kejadian ini, Komisi Sosial Bencana Majelis Ulama Indonesia Provinsi Sumatera Utara (Komsosben MUI SU) langsung bergerak cepat, dengan menggelar aksi tanggap bencana melalui kegiatan bhakti sosial.
“Para warga mengungsi ke Dataran Tinggi, Bahkan ada yang sampai ke Kantor Lurah,” kata Ketua Bidang Komisi Sosial dan Bencana Laila Rohani didampingi Sekretaris Nani Ayum Panggabean saat berada di lokasi, saat tim Komsosben MUI SU menggelar Aksi Cepat Tanggap Bencana Banjir pada Senin (15/11/2021) kemarin di Kampung Aur Jalan Brigjen Katamso Gang Ksatria.
“Kegiatan yang dilakukan antara lain menyalurkan sumbangan sebanyak 30 Paket Sembako yang terdiri dari Beras, Minyak goreng dan Gula,” ungkap Laila.
Pengadaan Paket Sembako itu, kata Laila, merupakan Swadana dari Pengurus BidKomsosben sendiri. Kegiatan itu dilaksanakan pada  Para korban banjir dikumpulkan di dekat Bantaran Sungai Deli yang dipandu oleh Mitra Sosben yaitu BSMI (Bulan Sabit Merah Indonesia) . Kondisi yang sangat memprihatinkan, pemukiman padat, kumuh dan jalan yang sempit. Membuat kita sedih dengan pemukiman mereka.
Sumbangan kata dia, sangat terbatas, ada seorang kakek yang sedang sakit di rumahnya yang sempit, wajib diberi sembako itu, tapi sayang sembako sudah habis, Tiba-tiba ada seseorang yang sudah menerima sembako (padahal dia juga sangat membutuhkan sembako itu) dengan sukarela memberikan sembako nya kepada kami untuk diserahkan pada Kakek tersebut. Sungguh sikap yang terpuji.
Sebelumnya pada hari Minggu, 14 November 2021 BidKomsosben MUI SU sudah melaksanakan Bakti Sosialnya ke Lokasi Banjir yang di Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai yang diwakili Rahmat Widia Sembiring, MSc. Ph.D dengan menyerahkan 50 paket logistik makanan. Kegiatan Bakti Sosial Sosben bekerja sama dengan Mitra Sosben SJ410 OWNERS CLUB.
“Walaupun Bantuan tidak banyak dan sangat terbatas, tapi Alhamdulillah Semangat Pengurus BidKomsosben untuk Berbagi sangat tinggi. Kita berdoa Semoga Rahmat Ilahiyah senantiasa bersama Pengurus yang Tetap ikhlas menebar Kebajikan dan peduli sesama untuk berbagi. Laila Rohani melanjutkan tanggapan nya, Melihat banyaknya yang mengharapkan uluran tangan kita, Sangat diharapkan Donasi dari Komisi Komisi yang ada di MUI SU,” paparnya. (NA)