MUI SU Jalin Silaturrahmi dengan Konjen Kehormatan Turki

0
91 views

Medan (muisumut.com) – Komisi Luar Negeri dan Majelis Ulama Indonesia (HLNKI-MUI) Sumatera Utara menjalin silaturahmi dengan Konsulat Jenderal Kehormatan Negara Republik Turki Medan pada hari Sabtu (21/10). Kunjungan ini merupakan program kerja Bidang / Komisi HLNKI sebagai upaya  kerjasama, dan  untuk medapatkan peluang beasiswa belajar di Turki bagi generasi muda Sumatera Utara.

Pertemuan silaturrahmi HLNKI MUI-SU  dengan Konsulat Jenderal Kehormatan Republik Turki penuh keakraban dan kekeluargaan. Rombongan diterima oleh Konsulat Jendral, Bapak DR H Rahmat Shah  di Galerry Rahmat Internasional di Jalan S Parman Medan dari pukul 16.00 WIB sampai pukul 17.30 WIB.

Perwakilan Komisi Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional ini terdiri dari Ketua Bidang KH. Akhyar Nasution, Ketua Komisi DR.H Abdi Syahrial Harahap, Lc., MA, dan anggota komisi Drs. H. Naziruddin Idris Lc dan Ilham Akbar Panggabean, SE.

Sebelum pertemuan dimulai pihak konsulat meminta kesediaan rombongan untuk melakukan Tes Antigen sebagai bagian dari standar protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pihak Konsulat Jendral Khormatan Republik Turki. “Alhamdulillah hasil antigen semuanya negative,” kata Kabid HLNKI, KH. Akhyar Nasution.

Rombongan HLNKI disambut  oleh Al Amin Syahputra Pelis SH Staf khusus BKonsulat Jnderal Kehormatan Republik Turki untuk Pulau Sumatera Indonesia

Ketua Bidang HLNKI menjelaskan maksud dan tujuan kedatangan rombongan ini ke Konsulat Jenderal Republik Turki adalah untuk menjalin silaturrahmi dan mencari informasi peluang peluang beasiswa di Turki, dengan  beberapa Universitas pemberi beasiswa,di samping itu juga untuk mengenal dan mempelajari budaya Turki.

“Kami rombongan MUI Sumatera Utara sengaja berkunjung secara resmi ke Konsulat Jenderal Republik Turki  dalam rangka upaya menjalin silaturrahmi dan kerjasama dengan lembaga lembaga pendidikan di Turki dan mempelajari cara cara mendapatkan beasiswa di Negara Turki. Barangkali kami bisa mendapatkan informasi beasiswa setiap tahun untuk generasi muda khususnya yang berasal dari Sumatera Utara,” kata Kiyai Akhyar.

“Selama ini, kami sudah sering ke Istanbul Turki dan melihat langsung  tentang kemajuan sistem pendidikan di Turki  dan kami mendengar Republik Turki ada memberikan peluang beasiswa  belajar untuk negara-negara Islam. Maka hari ini kami datang ke Konsulat Jenderal Kehormatan Turki  untuk memdapatkan informasi secara  langsung  tentang hal tersebut,  serta berdiskusi dan bertanya langsung dengan pihak Konsulat”, ujarnya

“Kami hanya dapat memberikan rekomandasi bagi mahasiswa yang ingin mendapatkan beasiswa kepada pihak Kedutaan Republik Turki di Jakarta. Sedangkan keputusan  beasiswa  sepenuhnya ditentukan oleh pihak kedutaan, Kami juga memberikan informasi tentang Negara Turki kepada pihak-pihak yang ingin mengenal budaya dan kemajuan teknologi Turki. Konsulat juga  mempunyai tugas untuk memastikan bahwa hubungan perdagangan, pendidikan, budaya  dan wisata  antara Turki dan Indonesia terjaga dengan baik,” jelas Staf Khusus Konsul Jenderal  Kehormatan  Turki Bapak Al Amin Syahputra  Pelis SH.

Al Amin juga mengungkapkan banyaknya yayasan pendidikan Turki yang membuka sekolah sekolah tahfiz Qur’an seperti Pondok Pesantren Sulaimani Desa Klambir Lima No. 40 Kecamatan Hamparan Perak Deli Serdang.

“Kami akan berusaha agar hubungan Turki dan Indonesia terus terjaga dengan baik  dan kami juga siap membantu mana mana pihak yang ingi melaksanakan perjalanan ke Turki .pada Kunjungan MUI yang lalu kami juga membantu dengan memberikan informasi informasi dan kordinasi dengan pihak kedutaan Indonesia di Ankara,” lanjutnya.

Beliau menambahkan, tantangan yang dihadapi mahasiswa yang belajar di Turki adalah penguasaan Bahasa Turki karena hampir semua perkuliahan menggunakan  pengantar Bahasa Turki.Dari segi ekonomi, sistem pemerintahan dan kemajuan teknologi juga sudah dapat menyaingi Negara Negara Eropa.

Bapak Dr.H. Rahmat Shah mengatakan dalam pertemuan tersebut mengaku senang dapat bertemu dengan tim dari HLNKI MUI SU.

“Alhamdulillah, saya senang dapat bertemu dengan bapak-bapak dari HLNKI MUI Sumatera Utara dan saya mohon maaf tidak dapat berlama lama karena ada acara mendadak yang harus dihadiri, terus terang saya merasa tidak enak karena sudah berjanji sebelumnya dengan bapak bapak. Tetapi harus buru-buru pergi.Silakan bapak-bapak melihat-lihat galeri ini,” kata Rahmadsyah.

Di akhir pertemuan, KH Akhyar  Nasution mengucapkan ucapan terima kasih kepada pihak konsul Jenderal Kehormatan Turki yang telah menyambut dengan hangat kedatangan MUI SUMUT  dan menjamu dengan makanan dan minuman dan diakhiri dengan foto bersama dan pemberian Cendera mata kepada Bapak DR H.Rahmat Syah.Konsul Jenderal Tehormat Republik Turki Medan

“Saya atas nama rombongan MUI Sumatera Utara mengucapkan terima kasih banyak kepada Bapak Dr H. Rahmad Shah Konsulat Jenderal Kehormatan Republik Turki Medan dan Bapak Al Amin Syahputra Peles SE  yang telah menyambut dan menerima kunjungan kami hari ini dengan sambutan hangat dan penuh nuansa ukhuwwah. Kami senang atas pertemuan ini. Banyak informasi tentang Beasiswa dan peluang belajar di Turki yang kami dapatkan. Terima Kasih jazakumullah khairan,” ucap Akhyar

Kontributor : Abdi Syahrial Harahap.