HLNKI MUI SU KUNJUNGAN SOSIAL KE PENGUNGSIAN WARGA ASING ARAS DENGSI

0
203 views

Medan (4/11). Komisi Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional (HLNKI) Majelis Ulama Indonesia Provinsi Sumatera Utara (MUI SU) mengadakan Kunjungan Sosial ke pengungsi luar negeri di Akomodasi (Community Housing) Aras Dengsi Jalan Ikahi Padang Bulan Medan, Kamis 4 Nopember 2021. Rombongan yang dipimpin oleh Ketua Bidang HLNKI KH. Akhyar Nasution, Lc.MA dan Ketua Komisi HLNKI Dr. H. Abdi Syahrial Harahap, Lc.MA tiba di tempat pengungsian sekitar pukul 10 pagi bersama 5 orang anggota Komisi HLNKI; H. Nasrullah Abdul Rahim, Lc., Yulia Indawardhani, SS, MSP., Hj. Alya Rahmayani Siregar, S.Ag., S.Pd.I., H. Akmal Marzuki Harahap, Lc, S.Pd., dan H. Abdul Malik Sarumpaet, MA.

Kepala Rumah Detensi Imigrasi Medan, Vencentius Purwo Hendratmoko, beserta jajaran menerima dengan hangat kedatangan perwakilan MUI SU yang membawa misi persaudaraan sebagai sesama umat Islam. “Penghuni Aras Dengsi ini semuanya berasal dari suku Rohingya asal Myanmar yang baru 7 bulan lalu dipindahkan dari Lhokseumawe. Semuanya ada 70 orang, dan hampir setengahnya adalah anak-anak usia di bawah 18 tahun.” papar Hendratmoko menjelaskan.

Persoalan yang sering dikeluhkan para pengungsi adalah akses pendidikan umum dan pengajaran agama yang sangat minim mereka dapatkan. Salah seorang pengungsi, Nur (43 tahun), sangat berterimakasih atas kedatangan tim Komisi HLNKI MUI SU dan berharap akan berlanjut dalam bentuk dukungan pendidikan dan kegiatan-kegiatan keagamaan.

Ketua Bidang HLNKI MUI SU, KH. Akhyar Nasution, Lc.MA, menyampaikan bahwa kedatangan mereka adalah untuk memberikan dukungan moril dan materil kepada sesama umat Islam, terutama warga negara asing yang saat ini sedang mengungsi. “Dengan kunjungan silaturahim ini kami berharap para pengungsi luar negeri khususnya yang beragama Islam yang ada di Sumatera Utara ini merasa diperlakukan dengan baik oleh masyarakat sehingga dapat meningkatkan semangat mereka untuk bertahan hidup dan memperjuangkan harapannya untuk ditempatkan di negara ketiga.” timpal Akhyar Nasution menutup perbincangan.

Acara kunjungan diakhiri dengan penyerahan bingkisan berupa kain sarung dan handuk, serta makanan berupa nasi kotak khas cita rasa Mandailing- salah satu Suku yang ada di Sumatera Utara. (yl)

Kontributor : Yulia Indawardhani Lubis, SS, MSP