Komisi HLNKI MUI SUMUT Dorong Semangat Generasi Millenial Studi ke Luar Negeri

0
309 views

Medan – (muisumut.com) Komisi Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional (HLNKI) Majelis Ulama Indonesia Provinsi Sumatera Utara (MUI-SU) dorong semangat generasi milenial muda untuk studi di luar negeri melalui kegiatan Webinar Series – 2 secara hybrid (gabungan daring dan luring) di Aula MUI SU, Sabtu 21 Agustus 2021/ 12 Muharram 1443 H.

Webinar kali ini menghadirkan seorang motivator yang sangat inspiratif Bapak H. Pasoroan Herman Harianja, SH, M.Sc – Presiden INAMPA (Indonesian Maritime Pilots Association) -yang sudah 35 tahun berpengalaman di bidang kemaritiman dan kepelatihan. Mantan Direktur Pelindo I dan IV ini sangat memukau peserta dengan kisah-kisah perjalanannya ke hampir semua negara di lima benua untuk keperluan studi, tugas, seminar, hingga perjalanan wisata. Coach Herman tidak hanya berorasi dengan sangat menarik dan penuh semangat, tetapi juga sangat dermawan karena sepanjang sesi beliau kerap membagikan hadiah oleh-oleh perjalanannya dari luar negeri kepada peserta yang berani tampil ke depan dan menjawab pertanyaan. Setidaknya ada 5 hal yang dipesankan Coach Herman agar sukses dan disukai banyak orang, yakni komunikasi, open-minded, pengembangan hobi, terus menambah wawasan, dan menjadi diri sendiri.

Dalam bincang-bincang sambil makan siang dengan bapak Pasoroan Herman Harianja setelah sesi webinar selesai, beliau menyarankan kegiatan ini dapat ditindaklanjuti dengan membuat gathering dengan BUMN yang ada di Medan untuk menjajaki peluang pemanfaatan dana CSR BUMN yang dapat digunakan untuk dana beasiswa anak-anak berprestasi dan juga meminta kesediaan BUMN memfasilitasi program pelatihan bahasa asing.

Sesi kedua menampilkan topik Kuliah di Timur Tengah dengan duet Narasumber Dr. H. Endi Marsal Dalimunthe, Lc.MA (Alumni Jinan University, Tripoli, Lebanon) dan H. Muhammad Akbar Rosyidi Datmi, Lc (Alumni Al Ahgaff University, Yaman). Doktor Endi mengawali presentasinya dengan mengulas latar sejarah Lebanon yang dikenal sebagai salah satu kota tua (Syam). “Historia magistra vitae, sejarah adalah guru terbaik.” papar beliau sebelum berkisah panjang lebar tentang perkuliahan di Lebanon.

Lebih jauh narasumber Akbar Rosyidi menceritakan sistem pendidikan di Yaman dan profil beberapa institusi seperti Rubath Tarim, Darul Musthafa, Universitas Al Ahgaff, Universitas Imam Syafi’i, Universitas Wasathiyah, Ma’had Alaydrus dan Daruz Zahro.

Ketua Umum MUI Sumatera Utara, Dr. H. Maratua Simanjuntak, dalam sambutannya menyampaikan pandangannya bahwa saat ini belajar di luar negeri memang suatu pilihan. Walaupun di Indonesia sudah banyak institusi pendidikan lokal yang berafiliasi dengan kampus-kampus ternama di Timur Tengah, namun merasakan kuliah di luar negeri ada kelebihannya. Alumni-alumni luar negeri ini punya position yang baik karena mereka sudah otomatis mahir berbahasa Arab (atau bahasa asing lainnya), berbeda jika kita kuliah di dalam negeri.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum MUI SU juga meresmikan pembukaan layanan “Pusat Informasi Studi Luar Negeri MUI-SU” yang bertempat di Ruang VIP Lantai 2 Gedung MUI Provinsi Sumatera Utara. Ketua Bidang HLNKI MUI SU K.H. Akhyar Nasution, Lc.MA didampingi Ketua Komisi HLNKI MUI SU Dr. H. Abdi Syahrial Harahap, Lc.MA menjelaskan bahwa Pusat Informasi Studi Luar Negeri (PISLN) ini adalah sumber informasi sekolah, kuliah dan peluang beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri, baik ke negara Timur Tengah, Eropa, Amerika, Australia, Asia dan negara- negara lainnya. Kedepan, PISLN akan menjadi sarana persiapan calon mahasiswa yang akan menempuh pendidikan di luar negeri seperti pelatihan bahasa asing, seleksi admisi universitas, seleksi beasiswa, hingga pemberangkatan mahasiswa Indonesia ke luar negeri.

Kegiatan webinar dimulai pukul 9 pagi dan berakhir pukul 1 siang, dihadiri total 165 orang dengan rincian 92 orang peserta mengikuti secara luring (offline) dan 69 orang daring (online). Rata-rata peserta merupakan generasi milenial muda yang berasal dari kampus, sekolah, pesantren di Sumatera Utara dan luar provinsi lainnya. (ylubis)

*Kontributor : Yulia Indawardhani Lubis, SS, MSP (Komisi HLNKI MUISU)