PISLN HLNKI MUI SU Salurkan Dana Bantuan Pendidikan

0
365 views

Medan – (muisumut.com) Majelis Ulama Indonesia Provinsi Sumatera Utara (MUI SU) melalui Pusat Informasi Studi Luar Luar Negeri (PISLN) yang diprakarsai oleh Komisi Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional (HLNKI) menyerahkan dana bantuan pendidikan kepada Alfikri Muliadi (20 tahun), pemuda sederhana alumni pesantren yang lulus beasiswa program studi English Communication di Payap University, Thailand, di Medan hari ini (27/8).

Sebelumnya PISLN melakukan penggalangan dana untuk Alfikri melalui platform digital Kitabisa.com. Dana tersebut dibutuhkan untuk memberangkatkan Alfikri ke universitas tujuan karena beasiswa yang diperolehnya dari Payap University tidak menanggung biaya transport pesawat, visa dan asuransi yang harus dimiliki Alfikri sebelum memulai perkuliahan.

Alfikri yang berlatar keluarga yatim dari pinggiran pantai Pulau Banyak Aceh ini tentu terancam gagal memenuhi panggilan beasiswa kuliah di luar negeri, jika tidak mampu memenuhi biaya keberangkatan itu. Hingga kemudian Alfikri mendengar tentang PISLN MUI SU dan mencoba mencari solusi atas masalahnya. Tim Kerja PISLN MUI-SU kemudian menjajaki lebih dalam mengenai kelayakan Alfikri untuk diberikan bantuan.

Donasi yang terkumpul diserahkan langsung kepada Alfikri Muliadi Jumat (27/8) sekitar pukul 3 sore di Kantor MUI SU oleh Ketua Umum Buya Dr. H. Maratua Simanjuntak didampingi Ketua Bidang HLNKI MUI SU K.H. Akhyar Nasution, Lc.MA dan Ketua Komisi HLNKI MUI-SU Dr. H. Abdi Syahrial. Lc.MA. Turut hadir menyaksikan penyerahan tersebut Prof. Dr. H. Asmuni, MA (Sekretaris Umum MUI SU), Dr. H. M. Jamil, MA (Rektor Universitas Al Washliyah Medan dan Anggota Komisi Fatwa MUI SU), H. M. Irsan Nasution, SE, Ak., CA, MAk., Cert.IPSAS (Sekretaris Komisi HLNKI MUI SU), Yulia Indawardhani, SS, MSP (Koordinator PISLN MUI-SU), dan Hj. Alya Rahmayani Siregar, S.Ag., S.Pd.I (Anggota Komisi HLNKI MUI SU).

Ketua MUI SU serahkan bantuan pendidikan

Buya Maratua Simanjuntak mengucapkan selamat kepada Alfikri atas keberhasilannya meraih beasiswa dan berpesan agar bersungguh-sungguh dalam belajar dan dapat menyelesaikan studi tepat waktu. “Semoga apa yang telah diupayakan Komisi HLNKI ini menjadi berkah bagi kita semua.” pungkas Buya Maratua.

Alfikri yang berlalarbelakang yatim asal Pulau Banyak NAD

Koordinator PISLN MUI SU, Yulia Indawardhani Lubis, SS, MSP menjelaskan bahwa Pusat Informasi Studi Luar Negeri MUI SU akan terus meningkatkan program-program yang bermanfaat untuk generasi muda Islam khususnya di Sumatera Utara dengan merintis peluang kerjasama dengan berbagai pihak seperti Kementrian terkait, BUMN, BUMD, Sektor Swasta, Perguruan Tinggi, NGO, Perwakilan Negara Asing, Organisasi Alumni Luar Negeri, dan sebagainya. PISLN juga akan melanjutkan penggalangan dana kolektif melalui platform digital “KitaBisa.com” untuk membantu siswa berprestasi yang mengalami kendala biaya pendidikan. Acara penyerahan donasi berakhir pukul 15.30 WIB dan diakhiri dengan foto bersama. (yl)

Kontributor : Yulia Indawardhani Lubis, SS, MSP