Wednesday, 28 October, 2020

Umat Islam Wajib Memelihara Lingkungan


muisumut.com.Medan,- Majelis Ulama Indonesia  Sumatera Utara (MUI SU) ikut mengkampanyekan setiap langkah yang dimaksudkan untuk pemulian alam demi terwujudnya lingkungan hidup yang sehat dan menjadi hak seluruh manusia dimuka bumi ini. Hal itu mengemuka pada Rapat Koordinasi Komisi Sosial, Lingkunga Hidup dan Sumber Daya Alam MUI SU, ( 8/10 ) di Aula Pertemuan MUI SU di  Medan.

Ketua Umum MUI SU Prof Dr H Abdullah Syah MA, ketika membuka kegiatan  Rakorda Komisi Sosial MUI SU,itu dihadapan peserta MUI Kabupaten/Kota se Sumut, menegaskan bahwa salah satu ajaran fundamental dalam Islam adalah kewajiban kepada umat untuk menjaga , mememlihara kebersihan dan kelestarian lingkungan hidup. Disampaikan Prof.Abdullah Syah, dalam Al Qur’an banyak ayat yang menjelaskan bagaimana proses penciptaan alam, keteraturan alam raya dan Penciptaannya ditujukan untuk kepentingan umat manusia. Misalnya bagaimana keteraturan perjalanan matahari, pergantian siang dan malam, turunnya hujan, keberadaan gunung, laut, hutan angin, air dan lainnya. “ Semua ciptaan Allah itu untuk kelangsungan hidup. Karena itu kita berkewajiban menjaga dan memuliakan alam“ ungkapnya. Ketua MUI SU juga mengharapkan kepada komisi lingkungan dapat turun langsung kedaerah, sehingga dapat meningkatkan pemahaman umat dan keutamaan pelestarian lingkungan hidup itu.

Sementara Ketua Komisi Sosial dan Lingkungan Hidup MUI SU, Dr H Abdul Hamid Ritonga, mengajak umat islam di daerah menjadi agen pemulian alam, membangun gerakan menjaga bumi dengan menjaga kebersihan serta pelestarian alam. “Gerakan ini wajib didukung, sebab manusia mustahil hidup layak tanpa lingkungan yang sehat,” ungkap Hamid. Kampanye pelestarian alam ini harus menjadi program  berkesinambungan dengan kwalitas dan intensitas yang harus meningkat dari waktu kewaktu. Menurut dia kelestarian lingkungan bukan hanya dinikmati generasi saat ini tapi juga diwariskan kepada anak cucu kita.  Hamid juga mendukung program pemulian alam ini dilaksnakan MUI kabupaten /Kota  SU  dengan menjalin kerjasama dengan pemerintahan daerah maupun stakeholder terkait. Dengan begitu umat Islam menjadi ujung tombak kampanye pelestarian lingkungan demi pelesstaraian alam semesta.

Ia juga mengajak peserta Rakorda dapat memberikan masukan dalam upaya menyusun program  Komisi Sosial untuk tahun 2021 (husni as)  

//
Konsultasi
Kirimkan via WhatsApp?