KOMISI HLNKI MELALUI PUSAT INFORMASI STUDI LUAR NEGERI MUI-SU SERAHKAN BANTUAN DANA PENDIDIKAN KE DAMASCUS SYRIA

0
112 views

Medan, (Muisumut.com) Pusat Informasi Studi Luar Negeri (PISLN) MUI SU kembali menyerahkan donasi bantuan pendidikan kepada seorang Hafiz Al-Qur’an 30 Juz asal Padangsidimpuan, Wahyudi, pada Kamis (9/9) di Kantor MUI Sumatera Utara dalam acara Rapat Rutin Bulanan Komisi Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional (HLNKI).

Sebelumnya, Wahyudi telah dinyatakan lulus dalam seleksi program beasiswa S1 ke Universitas Bilad asy- Syam, Damascus, Syria yang diamanatkan penyelenggaraannya kepada Alumni Syam Indonesia. Meskipun telah lulus beasiswa, Wahyudi masih membutuhkan sejumlah dana untuk persiapan keberangkatan, seperti perlengkapan pakaian, biaya penerjemahan dokumen resmi, transport udara, hingga Test PCR Covid-19 yang harus dilakukan di beberapa tempat. Oleh karena itu Wahyudi, anak seorang supir dari Sidempuan, memberanikan diri untuk mengajukan proposal bantuan pendidikan kepada PISLN MUI-SU.

Bukan sekedar permohonan, tetapi Wahyudi memang layak dibantu. Pemuda 21 tahun ini ternyata seorang Hafiz Al-Qur’an 30 Juz dan memiliki sederet prestasi dalam kejuaraan MTQ di daerahnya. Berturut-turut sejak 2016 hingga 2021, Wahyudi sukses meraih juara satu MTQ Hifzil Qur’an Tingkat Kota Padangsidimpuan.

Penggalangan dana dilakukan melalui akun kitabisa.com, sosial media, dan jejaring pribadi pengurus sejak awal September. Berkat kemurahan hati para donatur, dalam sepekan telah diserahkan donasi, sebesar 11 Juta Rupiah dari 19 Juta Rupiah yang dibutuhkan. “Kami sangat mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih atas dukungan para donatur kepada ananda Wahyudi al-Hafiz, ibnu sabil yang akan menuntut ilmu ke negeri Syam. Semoga Allah membalas uluran tangan Bapak/Ibu dengan rezeki berlipat ganda, dan kita tetap akan tetap menggalang donasi untuk ananda Wahyudi sampai dana kebutuhannya tercapai.” ungkap KH. Akhyar Nasution Ketua Bidang HLNKI MUI-SU dengan bersemangat. Turut hadir menyaksikan penyerahan donasi Ibu Dra. Hj. Nani Ayum Panggabean, M.Pd selaku Sekretaris Bidang Sosial dan Bencana MUI Sumatera Utara.

Usai penyerahan donasi, Pimpinan Bidang dan Pengurus Komisi HLNKI MUI-SU melanjutkan Rapat Rutin Bulanan yang membahas agenda terdekat seperti Kunjungan ke Konsulat Jenderal Malaysia dan Singapura (tanggal 15 dan 21 September), Webinar Series-3 (tanggal 3 Oktober), dan Kunjungan ke MPU/MUI Aceh yang diperkirakan pada akhir Oktober. (yl)

Kontributor : Yulia Indawardhani Lubis, SS, MSP (Anggota Komisi HLNKI MUI-SU)