MUI Sumut Adakan Seminar Nasional Literasi Kebangsaan Moderasi Beragama dan Toleransi

0
88 views

muisumut.com- Meningkatkan kesadaran akan tumbuhnya kecintaan terhadap negara dengan sikap Islam Moderat adalah hal yang urgen.

Demikian disampaikan DR Ardiansyah Lc MA Wakil Ketua MUI Sumut selaku Ketua Panitia dalam pembukaannya pada acara “Seminar Nasional Literasi Kebangsaan Moderasi Beragama dan Toleransi yang diadakan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Utara di Hotel Santika Dyandra, Jum’at (8/10).

“Dengan tema ini kita mengharapkan akan tumbuh cinta tanah air hubbul wathan dengan sikap islam moderat Islam washatiyah yang tidak ke kanan- kananan dan tidak kekiri-kirian”.

Ardiansyah menyampaikan bahwa acara akan digelar 2 hari (8 sd/9) dengan kapasitas terbatas 70 orang dan diisi oleh pemateri yang berkelas yaitu Rektor USU Dr Muryanto Amin dan Rektor UINSU Prof Dr Syahrin Harahap, Ketua MUI Pusat KH Salahuddin al-Ayyubi M Si serta wakil gubernur Drs H Musa Rajekshah M Hum.

Sementara itu Wakil Ketua MUI Sumut Dr H Arso M Ag dalam sambutannya menyampaikan “Acara ini sangat berbobot, karena kita sadari inilah perkembangan yang kita hadapi yang mana umat sedang dalam keadaan terbawa arus diantaranya pendangkalan akidah, pemplesetan syariah, dan degradasi akhlak karimah bangsa”.

MUI Sumut telah berupaya membuat kegiatan yg selaras dengan ini sehingga generasi muda tidak mudah terpengaruh, menciptakan generasi qawiyyan fil aqidah kuat dalam akidah qawiyyan fil iradah kuat dalam cita-cita serta tidak memandang syar’i ah enteng yakni bisa dimodifikasi sehingga dapat menyesatkan.

“Semoga acara berjalan baik dan dengan tema ini diharapkan kita Istiqomah dalam firman akmaltu lakum dinakum yakni ajaran islam yang sempurna”, tutupnya

Acara dihadiri oleh Dewan Pimpinan MUI Sumut dan perwakilan MUI dari Kabupaten Kota se Sumatera Utara, mahasiswa HMI PMII IMM organisasi kemahasiswaan lainnya dan ditutup dengan pemberian cendramata kepada Rektor USU dan UINSU sebagai narasumber serta foto bersama.