MUI Sumut Dukung Vaksinasi di 33 Kabupaten/ Kota se-Sumatera Utara

0
176 views

Tebing Tinggi (muisumut.com) – Majelis Ulama Indonesia Provinsi Sumatera Utara (MUI SU) mendukung MUI kota Tebing Tinggi gelar vaksinasi Covid-19. Kegiatan yang dilaksanakan bersama Pemerintah Kota Tebing Tinggi menggelar vaksinasi COVID-19 bantuan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI sebanyak 5.000 (lima ribu) dosis vaksin Sinovac, Senin (20/09)

Hadir Ketua Umum Dr. Maratua Simanjuntak yang didampingi oleh Ketua Bidang Infokom Dr. Akmaluddin Syahputra, M.Hum serta rombongan lainnya.  H Maratua Simanjuntak, menyampaikan apresiasi dan mendukung  pelaksanaan vaksinasi yang diprakarsai MUI di kabupaten/ kota se Sumatera Utara, setelah pelaksanaan di Kab Karo, Tebing Tinggi. “Ke depan akan kita tindaklanjuti di Sumatera Utara, agar program percepatan vaksinasi berjalan dengan baik. Pemerintah telah menyadari bahwa keterlibatan ulama ternyata ada manfaatnya,” katanya.

Rombongan MUI Sumut yang dipimpin Maratua beserta Wali Kota Tebing Tinggi H. Umar Zunaidi Hasibuan, dan Kepala Pusat Krisis Kesehatan dari Kemenkes RI Dr. dr. Eka Jusup Singka, M.Sc., meninjau langsung  vaksinasi tersebut yang dilaksanakan di Gedung Islamic Center Kompleks Masjid Agung.

Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes RI, H Eka Jusup Singka, mengatakan, peran pemerintah kota bersama MUI Tebing Tinggi sangat besar dalam upaya penanganan Covid-19. Dalam hal ini terbukti bahwa penanganan Covid-19 itu tidak hanya pemerintah, tetapi juga organisasi kemasyarakatan, pemerintah kota yang tentunya didukung beberapa elemen dan juga masyarakat sendiri serta MUI.

“Kita berharap bagaimana percepatan vaksinasi ini bisa dilaksanakan di Kota Tebingtinggi dengan sebaik-baiknya. Sekali lagi kita tegaskan, dalam penanganan Covid-19, Kementerian Kesehatan tidak bisa berdiri sendiri,” ujarnya.

Wali Kota Tebing Tinggi, H Umar Zunaidi Hasibuan juga menegaskan, saat ini pemerintah kota sedang mengejar target vaksinasi bagi warga masyarakat. Hal ini sebagai langkah upaya mempercepat pembentukan Herd Immunity (Kekebalan Kelompok) terhadap dampak pandemi Covid-19.

Wali kota menjelaskan, sampai saat sekarang ini sudah 37.813 orang atau 28,34% warga yang sudah menjalani vaksinasi. Ditambah kegiatan vaksinasi MUI ini 5.000 dosis, maka menjadi sekitar 43 ribu orang.

“Kita berharap, sebagaimana yang disampaikan Pemerintah Pusat, kita minimal 50 persen, jadi vaksinasi kita harus mencapai 67 ribu orang. Warga Kota Tebing Tinggi yang wajib divaksin berjumlah 133.616 orang. Jadi kalau target 50 persen saja itu harus berjumlah 67 ribu orang,” jelas Walikota.

Vaksinasi juga diikuti Warga Negara Asing

Vaksinasi yang diselenggarakan ini juga diikuti oleh Mahasiswa UINSU warga negara Thailand, Abdul Rahman bersama temannya Najmee Doloh dan Madaoh Lohramae usai divaksin mengatakan, mereka saat ini sedang menjalani kuliah S3 di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Daud yang merupakan kordinator mahasiswa Thailand yang ada di Sumatera Utara menyatakan apresiasi kepada MUI Kota Tebing Tinggi, yang telah bersedia menerima mereka untuk divaksin. “kami sudah bertanya ke beberapa tempat tapi belum ada ruang untuk mahasiswa asing” ujarnya sambil mengacungkan jempol ke panitia pelaksana. (Akmaluddin Syahputra)