MUI SU Gelar Workshop Motivasi Kesehatan, Pembuatan Hand Sanitazer dan Jamu Sehat

0
131 views

Medan (muisumut.com) – Komisi Sosial dan Bencana MUI Sumatera Utara yang dipimpin Ketua Bidangnya Hj. Laila Rohani dan Sekretaris Bidang Hj. Nani Ayum Panggabean mengadakan Kegiatan Workshop Motivasi Kesehatan, Pembuatan Sanitazer pada Hari Sabtu, 18 September 2021 di Aula MUI SUMUT.

Ketua Umum MUI Sumatera Bapak Dr. H. Maratua Simanjuntak dalam arahannya menyampaikan, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk memotivasi kita mengaplikasikan maqasidusy syari’ah (tujuan syariat) mencari kemashlahatan, termasuk hifzun nafsi (menjaga diri) di antaranya menjaga kesehatan.

Sehat merupakan anugerah Allah SWT yang terindah, yang kadang selalu diabaikan manusia. Padahal Allah dan Rasulullah SAW sudah membimbing kita pada pesan cerdas-Nya dalam Al Qur’an dan Hadits Nabi, seperti yang salah satunya sabda Rasulullah SAW:

نِعْمَتَانِ مَغْبُونٌ فِيهِمَا كَثِيرٌ مِنَ النَّاسِ ، الصِّحَّةُ وَالْفَرَاغُ

“Dua kenikmatan, kebanyakan manusia tertipu pada keduanya, (yaitu) kesehatan dan waktu luang”. [HR Bukhari, no. 5933].

Komisi Sosial Bencana MUI SUMUT menggelar Workshop ini dalam rangka meng upgrade kembali pentingnya kesehatan itu, apalagi di tengah Masa Pandemi Covid-19 ini.
Narasumber nya adalah Prof.Dr H.Asmuni yang menjelaskan tentang pengalamannya ketika terpapar Covid-19 dan bagaimana sikap yang baik dan benar dalam menghadapi sakit tersebut.

Narasumber lainnya, berasal dari Komisi Sosial dan Bencana MUI SU sendiri yaitu Dokter Spesialis Paru yang berdinas di RS Pirngadi, Ibu dr. Hj. Nuryunita Nainggolan Sp. P(K) tentang Motivasi Kesehatan, dilanjutkan praktik Hand Sanitazer oleh Hj.Ameilia Zuliyanti Siregar, Msc.Phd dosen USU dan Pemaparan dan praktik jamu sehat yang sudah mendapat lisensi Kementerian Kesehatan oleh Hj. Radhiatam Mardiyah yang keseharian berdinas di Kementerian Kesehatan Provinsi Sumatera Utara. Acara dipandu Moderator Bapak Rahmat Widia Sembiring, MSc. Ph.D, Dosen Politeknik Negeri Medan.


Turut menjadi peserta, dari LSM Keagamaan, beberapa Komisi di kalangan MUI SU di antaranya Komisi Dakwah, Infokom dan KPRK, serta Lembaga Penggiat Kesehatan, Lingkungan dan Kebencanaan. Melalui kegiatan ini diharapkan, peserta dapat mendakwahkan dan ‘menularkan’ tentang pentingnya arti Kesehatan terutama pada masa Pandemi COVID-19 ini.

Peserta antusias mengikuti Acara dan selesai Acara dibagikan Hand Sanitazer dan Jamu Sehat yang diberi label nama ‘Afiya. (NA/ Komsosben MUI SU)