Komsosben MUI SU Beri Penyuluhan dan Bantuan ke Daerah Rawan Bencana di Simalungun

0
93 views

Girsang Sipangonbolon, (muisumut.com) – Komisi Sosial Bencana (Komsosben) Majelis Ulama Indonesia Provinsi Sumatera Utara (MUI SU) memberikan Penyuluhan dan Sosialisasi Tanggap Bencana Perspektif Islam, Kesehatan, Lingkungan Hidup dan Kebencanaan di Daerah Rawan Bencana Longsor Kecamatan Girsang Sipanganbolon sekaligus memberikan bantuan kemanusiaan pada Korban Bencana Banjir bandang dan Korban Kebakaran, Sabtu dan Ahad, 9-10 Oktober 2021 lalu.

“Pada Hari Sabtu, 9 Oktober 2021 pukul 15.00 WIB, Komsosben MUI SU memberi bantuan berupa selimut, handuk, alat alat dapur pada korban banjir bandang yang terjadi pada bulan Mei 2021 di Desa Baganding, bantuan diberikan kepada 6 orang yang terkena bencana musibah banjir bandang, yang airnya bercampur lumpur dan material lain seperti kayu dan batu yang mengalir dari perbukitan hingga satu kilometer menerjang Parapat, membuat rumah mereka porak poranda,” ucap Ketua Komsosben MUI SU Laila Rohani didampingi Sekretaris Nani Ayum Panggabean dan Tim Rompi Komsosben lainnya.

Laila mengatakan, Komsosben memberi sumbangan yang serupa kepada dua orang yaitu, Ibu Nuriah pengusaha Rumah Makan Minang Bundo dan Ibu Rosminah Sinaga, korban kebakaran di Parapat Kecamatan Girsang Sipanganbolon.

“Rumahnya ludes habis terbakar pada tanggal 26 Agustus 2021. Saat ini mereka tinggal di tenda Kemensos . Rumah mereka dalam perbaikan,”

Selanjutnya, lanjut Laila, pada hari Ahad, 10 Oktober 2021 Komsosben MUI SU menggelar kegiatan Penyuluhan Tanggap Bencana Perspektif Islam, Kesehatan, Lingkungan Hidup dan Kebencanaan.

“Kegiatan diadakan di Masjid Raya Taqwa Parapat dari pukul 08.30 sampai dengan Selesai,” ucapnya.

Dijelaskan, sebagai tim penyuluh terdiri dari tim Komsosben MUI SU, Nani Ayum Panggabean, Rahmat Widia Sembiring, MSc.Ph.D dan Dr. Nuryunita Nainggolan Sp P.K.

Dalam sambutannya, Laila juga memperkenalkan Pengurus Komsosben MUI SU yang terdiri dari berbagai latar belakang keilmuan bersatu, bersemangat melaksanakan Tugas Kemanusiaan yang diamanahkan.

“Alhamdulillah pada penyuluhan itu hadir langsung Ketua Umum MUI Kabupaten Simalungun Bapak H. Abdul Halim Lubis, SHi, MM didampingi Sekretaris Bapak Ardiansyah Siregar, SPdi. Mereka memberi apresiasi yang cukup baik dan menyambut dengan senang hati kehadiran Komsosben,” tutur Laila mengaku sangat mengapresiasi kehadiran pengurus MUI Simalungun.

Hadir juga pada kesempatan itu Bapak Abdullah Sani mewakili MUI Kecamatan Girsang Sipanganbolon yang turut mendampingi Tim Komsosben ke tempat Lokasi Bencana banjir bandang dan Kebakaran. Hadir juga Ketua TKSK (Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan)  Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Parapat,  perpanjangan tangan di kecamatan dari Dinas Sosial Bapak Sutresno,S.PdI, Bapak Sumari Nadzir Masjid Raya Taqwa, para Ibu Perwiridan Khairunnisa Parapat dan masyarakat lainnya.

Pada Kegiatan Penyuluhan itu Komsosben memberikan Bantuan Buku Tuntunan Sholat Lengkap, Buku Iqra’ dan juga membawa bantuan dari DP MUI SU berupa AlQur’an, Kain sarung, Mukena, Lampu. Di samping itu, juga diberikan bantuan dari anggota Komsosben sendiri dan bantuan buku Tuntunan Sholat Lengkap dan Iqra’ kepada SD Negeri Parapat yang diberikan kepada Guru Agama Islam.

Dalam penyuluhan antara lain dijelaskan sejumlah bahan renungan, bahwa kerusakan alam seperti longsor, banjir dan sebagainya merupakan akibat ulah tangan manusia itu sendiri. (QS. Ar Rum 41); dan dijelaskan, manusia berasal dari tanah atau bumi dan kita pula sebagai pemakmur bumi (QS. Hud 61).

“Sudah menjadi tanggung jawab manusia untuk melestarikan semua ciptaan Allah, menentang setiap kegiatan yang merusak lingkungan, seperti membakar dan menebang pohon di hutan atau hutan belantara. Menjaga kelestarian lingkungan hidup dan hutan secara berkesinambungan adalah panggilan hati nurani kita sebagai Hamba Allah yang diberi tugas sebagai Pemakmur Bumi. In syaa Allah, aamiin,” tutup Laila. (NAP)