Komisi Sosial dan Bencana MUI Sumut Gelar ToT Mitigasi Kebencanaan

0
148 views

Medan (muisumut.com,) – Komisi Sosial dan Bencana (Komisi SB) Majelis Ulama Indonesia Provinsi Sumatera Utara (MUI Sumut) yang dipimpin Ketua Bidangnya Hj. Laila Rohani dan sekretaris Bidang Hj. Nani Ayum Panggabean menggelar Kegiatan Training of Trainers (ToT) tentang Mitigasi Penanggulangan Bencana, pada Hari Sabtu, 18 Shafar 1443 H /25 September 2021 di Aula LPPOM MUI Sumut.

“Tujuan ToT ini adalah agar tercapainya Pengetahuan tentang penanggulangan bencana. Terwujudnya kemampuan melatih secara sederhana tentang penanggulangan bencana dan terlaksananya pemberdayaan Keumatan untuk bidang Sosial dan Bencana,” terang Laila didampingi Nani.

Kegiatan tersebut, lanjutnya, diisi oleh tiga nasumber, narasumber pertama yakni Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumatera Utara (BPBD SU) Ir. Abdul Haris Lubis, M.Si tentang “Prinsip Prinsip Dasar dan Sistem Nasional Penanggulangan Bencana.

Narasumber kedua Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I yang diwakili oleh Ibu Eridawati, SE, MSi Kordinator Data dan Informasi BBMKG Wilayah I Medan, memaparkan tentang “Prediksi Potensi Bencana di WIlayah Sumatera Utara Ditinjau Dari Aspek Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika”

Narasumber ketiga, dari Pengurus Komisi Sosial dan Bencana MUI SU, Bapak Dr. Rahmat Widia Sembiring, M.Sc., yang kesehariannya berdinas di Politeknik Negeri Medan. Beliau menyampaikan paparannya tentang “Karakteristik dan Konsepsi Penanggulangan Bencana.”

“Acara berlangsung dengan semangat, apalagi ketika Pak Dr. Rahmat Widia Sembiring memberikan Simulasi Sederhana, yang membuat peserta ToT semakin antusias mengikuti acara,” ucap Laila.

Acara ToT tersebut dipandu oleh Rahma Safitri, MPsi sebagai Master of Ceremony (MC) dan dibuka langsung oleh Ketua Umum MUI Sumatera Utara Bapak Dr. H. Maratua Simanjuntak, yang didahului dengan Pembacaan al Qur’an oleh Dr. Halimatussakdiyah, MA.

Selaku moderator yang memandu ToT, Ketua Komisi Sosial dan Bencana MUI SU, Ibu Dr. Ameilia Zuliyanti Siregar, MSc yang bertugas Dosen USU Medan

Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 30 orang peserta, terdiri dari Komisi Sosial dan Bencana MUI Sumatera Utara, Komisi Sosial dan Bencana dari Kota Medan, Kota Binjai, Kota Tebing Tinggi, Kabupaten Serdang Bedagai, Akademisi Pemerhati Lingkungan, LSM Kebencanaan, LSM Lingkungan Hidup dan LSM Kesehatan. (NA Komsosben)