Wednesday, 28 October, 2020

Ladui MUI SU Buka Posko Pengaduan Korban Demo Omnibus Law.


muisumut.com.Medan.-Mencermati dampak dari aksi demontarasi buruh dan elemen mahasiswa,di Sumatera Utara, tanggal 8 Oktober 2020 lalu, telah terjadi korban penangkapan  dan orang hilang terhadap pendemo. Dalam hal ini MUI SU lewat Lembaga Advokasi Umat Islam ( LADUI)  MUI Sumut, membuka posko pengaduan korban demo di kantor MUI Sumut, Jalan Majelis Ulama no 3 Medan, Demikian disampaikan Direktur LADUI Sumut, Abdul Hakim Siagian SH, M.Hum didampingi Sekretaris MUI SU Bidang Fatwa dan Hukum. Dr. H Akmaluddin Syahputra, M. Hum, kepada wartawan di Kedai Wakaf MUI SU, Medan ( 10/10 ).

Dijelaskan dibukanya  posko mengaduan  korban aksi demo itu, dalam melaksanakan tugas LADUI, untuk memberikan pelayanan hukum berkaitan dengan hukum pidana, sekaligus menyahuti himbauan MUI untuk memberikan bantuan hukum berkaitan adanya dampak hukum dari aksi demo tersebut. Untuk itu bagi masyarakat muslin yang mungkin ada keluarganya hilang dan  belum ditemukan atau  terjadi penangkapan dapat melaporkan ke LADUI MUI SU, secara langusng dan tertulis “ Pihak LADUI akan ikut membantu dan mendampingi  korban dalam proses hukum” tegas Abdul Hakim.

Menurutnya  hingga saat ini sudah ada sekitar 5 orang korban aksi demo telah  melapor ke LADUI MUI Sumut dan pihaknya akan menyelusiri dan mendampingi prosses hukumnya.  Perlu dicatat bahwa langkah dilakukan LADUI ini sebagai bentuk kepedulian terhadap umat Islam yang memerlukan pelayanan hukum dan pihaknya tidak mengutip dana dalam langkah-langkah proses hukum tersebut.

Ditambahkan bahwa sesuai yang dijelaskan Sekretaris MUI SU bidang hukum Dr H Akmal Syahputra, bahwa pihaknya sudah melaporkan pembukaan Posko pengaduan korban Aksi Demo  Omni bus law UU Cipta kerja itu kepada Ketua Umum  MUI SU Prof Dr H Abdullah Syah MA. ia menyebutkan   Ketua MUI SU menyambut baik langkah cepat dan tepat dilakukan LADUI MUI SU, dalam memberikan pelayanan hukum bagi korban aksi demo. Disebutkan bahwa MUI SU sebagai tenda besar umat Islam, sudah sepentasnya ikut memberikan pelayanan hukum dalam melindungi umat. “ Pak ketua sudah menyetujui adanya posko pengaduan koban aksi demo UU Cipta kerja itu “ ungkap Akmal Syahputra.

Bagi masyarakat yang ingin membuat pengaduan bisa datang langung ke kantor MUI Sumatera Utara Jalan Majelis Ulama /Sutomo Ujung No. 3 atau menghubungi nomor-nomor kontak berikut: 0812-6943-9281 dan 0812-6575-7391 ( husni.as)   

//
Konsultasi
Kirimkan via WhatsApp?