Rakorda Komisi Ukhuwah MUI SU: Dengan Mempererat Ukhuwah akan Menjadi Perekat Persatuan Masyarakat.

0
382 views

muisumut.com, Medan,- Umat Islam sebagai kekuatan mayoritas masyarakat, diharapkan  dapat terus menerus mempererat serta memperkokoh ukhuwah, khusus dimasa  masa pandemi yang sangat membutuhkan kedamaian ditengah kehidupan masyarakat. “ Dengan mempererat ukhuwah  akan  menjadi perekat persatuan masyarakat “ ungkap Ketua Umum MUI SU Prof Dr H. Abdullah Syah MA, di aula MUI SU, ( 29/9 ) .

Prof H. Abdullah Syah  menyampaikan  hal itu, ketika membuka Rakorda Komisi Ukhuwah dan Hubungan Antar Umat Beragama MUI SU, juga mengingat bahwa membangun ukhuwah merupakan kewajiban umat yang harus dilaksanakan semaksimal mungkin demi kebaikan hidup bersama.

Menurut Ketua MUI SU, kewajiban menjaga ukhuwah itu tidak hanya kepada sesama umat Islam. tapi juga tidak kalah pentingnya lagi adalah bagaimana agar hubungan  dengan sesama manusia ciptaan Allah juga  dapat dipelihara sebaik mungkin.

Kemudian hubungan baik itu kepada alam semesta untuk kehidupan  mulia di dunia serta mendapat kebahagian di akhirat kelak. “ Jadi kehadiran komisi ukhuwah sangat strategis dan salah satu komisi di MUI yang cukup berperan dalam hubungan antar umat beragama.” paparnya .

Sementara Ketua Komisi Ukhuwah MUI SU, Drs. H Palid Muda Harahap, MA, dalam kesepatan itu menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan   dengan harapan kepada peserta utusan MUI Kab/ Kota se Sumut , dapat menjadi agen penggerak untuk memperkokoh persatuan dan persaudaraan di daerahnya masing.-masing.” Tugas kita  bagaimana agar persatuan dan kedamaian umat menjadi pondasi kokoh terpeliharaanya kondusifitas. Terutama di era new normal ini “ ungkap Palid Muda , dalam penjelasan dia juga berharap kepada umat untuk meningkatkan kwalitas persatuan dan kesatuan itu dengan selalu bertemu, bertukar pikiran , berdiskusi dan lain-lain.

Rakorda tersebut akan membahas program kerja komisi ukhuwah untuk tahun 2021, dengan adanya  masukan dari MUI Kabupaten / Kota yang hadir dalam pertemuan tersebut.

Sementara itu Sekretaris MUI bidang ukhuwah, DR H. Arifinsyah M.Ag, menyebutkan hasil Rakorda nantinya akan melahirkan rekomendasi terkait kehidupan beragama, terutama agama Islam yang banyak mendapat tantangan bahkan tekanan.( husni.as.)