KONJEN INDIA BUKA HUBUNGAN DENGAN MUI SUMUT

0
254 views

muisumut.com– Komisi Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional (HLNKI) Majelis Ulama Indonesia Provinsi Sumatera Utara (MUI-SU) berkunjung ke Konsulat Jenderal India di Medan Kamis pagi (22/07). Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk memperkenalkan program-program Komisi HLNKI MUI-SU yang berkaitan dengan pendidikan di luar negeri dan India adalah salah satu negara yang memiliki potensi pendidikan tinggi dengan berbagai program studi unggulan seperti linguistik, bahasa Inggris, teknologi informatika, pertanian, bisnis, dan sebagainya.

Diterima langsung oleh Konsul Jenderal India H.E. Raghu Gururaj di kantornya Jalan Uskup Agung A. Sugiopranoto No. 19 Medan, delegasi MUI dipimpin oleh Dr. H. Abdi Syahrial Harahap, Lc.MA selaku Ketua Komisi HLNKI MUI-SU didampingi oleh H. Muhammad Irsan Nasution, SE.Ak., CA, M.Ak, CertiPSAS dan Yulia Indawardhani, SS, MSP selaku Sekretaris dan Anggota Komisi HLNKI MUI-SU. Pertemuan berlangsung selama kurang lebih 1 jam dengan standar protokol kesehatan yang ketat.

Konjen India di Medan H.E Raghu Gururaj yang merupakan perwakilan diplomatik negara India di 10 provinsi (pulau Sumatera) mengungkapkan bahwa ia baru kali ini menerima kunjungan dari MUI dan sangat antusias dengan terbukanya hubungan kedua lembaga. Saat ini pemerintah India memiliki beberapa skema program beasiswa yang berbeda. Pertama, beasiswa ICCR (Indian Council for Cultural Relations) yang menawarkan beasiswa bagi pelajar asing (dari negara-negara berkembang) untuk jenjang S1, S2 dan S3 serta melakukan penelitian di universitas dan lembaga pendidikan tinggi India. Kedua, program ITEC (Indian Technical and Economic Cooperation) yang merupakan program pelatihan yang ditujukan untuk para profesional muda dengan pengalaman 5 tahun masa kerja dengan rentang usia 25 hingga 45 tahun. Ketiga, pemerintah India juga menawarkan program beasiswa doktoral untuk mahasiswa dari negara-negara ASEAN. Pendanaan mencakup seluruh biaya studi dan biaya hidup hingga 5 tahun selama program Ph.D.

Komisi HLNKI MUI-SU yang baru saja merintis pendirian Pusat Informasi Studi Luar Negeri sangat optimis dengan berbagai informasi beasiswa kuliah di India. “Adanya pilihan berkuliah di negara India ini tentu akan memperkaya khasanah pilihan program studi dan negara tujuan bagi siswa dan santri yang ada di Sumatera Utara.” pungkas Dr. H. Abdi Syahrial Harahap, Lc.MA. Pada kesempatan tersebut juga hadir H. Abdul Malik Sarumpaet, MA, anggota Komisi HLNKI MUI-SU yang juga alumni S2 Linguistik dari University of Delhi. Sarumpaet membeberkan pengalamannya mengunjungi hampir seluruh provinsi di India selama masa studi yang ditempuhnya di India. Bukan hanya ilmu pengetahuan tetapi India juga sangat kental dengan tradisi dan budaya.

Di akhir pertemuan, komisi HLNKI MUI-SU menyerahkan plakat cenderamata kepada Konsul Jenderal India. Gururaj sangat berterimakasih atas kunjungan tersebut dan mengungkapkan harapannya agar setelah pandemi usai akan lebih banyak lagi wisatawan muslim Indonesia yang berkunjung ke India, khususnya ke situs-situs historis yang berkaitan dengan sejarah perkembangan Islam. Kunjungan diakhiri dengan minum teh dan berfoto bersama.

Kontributor : Yulia Indawardhani Lubis, SS, MSP