MARHABAN YA RAMADHAN SYAHRUL MUBARAK

0
3.500 views

Ketua MUI Sumatera Utara. (Prof. Dr. H. Abdullah Syah, MA)
Ahlan Wa Sahlan Ya Syahrus Al Shiyam
Ahlan Wa Sahlan Ya Syahrur Al Rahmah Wa Al Maghpirah Wa Itqun Minannar

Bismillahrrahmanirrahim.

Alhamdulillah, beberapa hari lagi Insya Allah kita akan memasuki bulan suci Ramadhan, bulan yang sangat dinanti nantikan oleh ummat Islam diseluruh dunia. Bulan ini disambut dengan berbagai cara dalam rangka menghormati kedatangannya; karena umat Islam merasa dengan kedatangan bulan Ramadhan ini, dosa-dosanya akan mendapat pengampunan dari Allah SWT, dan segala amal baiknya baik yang wajib maupun yang sunnat, akan mendapat balasan yang lebih baik dari di bulan lainnya diluar bulan Ramadhan. Umat Islam pada bulan ini mendapat peluang yang sangat besar untuk mendapatkan satu malam yang nilainya lebih baik dari 1000 bulan, segala amal ibadah akan dilipatgandakan lebih baik dari 1000 bulan diluar malam ini. Umat Islam selalu berlomba-lomba menunggu dan mencari malam ini (malam lailatul qadar)

Alangkah bahagianya kaum muslimin dengan kedatangan bulan Ramadhan, bulan yang penuh keberkahan, bulan Al-Qur’an, bulan ampunan, bulan kasih sayang, bulan doa, bulan taubat, bulan kesabaran, dan bulan pembebasan dari api neraka. Bulan yang ditunggu-tunggu kedatangannya oleh segenap kaum muslimin. Bulan yang sebelum kedatangannya Rasulullah Saw. berdoa kepada Allah: “Ya Allah berkahilah kami pada bulan Rajab dan Sya’ban dan sampaikanlah kami ke bulan Ramadan.” Bulan dimana orang-orang saleh dan para generasi salaf berdoa kepada Allah agar mereka disampaikan ke bulan Ramadhan enam bulan sebelum kedatangannya, Rasulullah SAW ketika beliau memberi kabar para sahabatnya dengan kedatangan bulan Ramadhan: “Ketika datang malam pertama dari bulan Ramadhan seluruh setan dibelenggu, dan seluruh jin diikat. Semua pintu-pintu neraka ditutup, tidak ada satu pintu pun yang terbuka. Semua pintu sorga dibuka hingga tidak ada satu pun pintu yang tertutup. Lalu tiap malam datang seorang yang menyeru: “Wahai orang yang mencari kebaikan kemarilah; wahai orang yang mencari keburukan menyingkirlah. Hanya Allah lah yang bisa menyelamatkan dari api neraka”.(H.R.Tirmidzi).

Rasulullah SAW. juga bersabda: “Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah telah mewajibkan di dalamnya puasa. Pada bulan itu Allah membuka pintu langit, menutup pintu neraka, dan membelenggu setan-setan. Di dalamnya Allah memiliki satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Barang siapa yang diharamkan kebaikan malam itu maka ia sungguh telah diharamkan (dari kebaiakan).” (HR. Nasa’i dan Baihaki).