SERUAN MENYAMBUT IDUL ADHA 1440 H MUI SUMUT

0
453 views

Dalam rangka menyambut Idul Adha 1440 H : “marilah kita sambut hari agung tersebut dengan melaksanakan ibadah-ibadah yang megiringinya sebagai berikut” :

A. KEPADA PEMERINTAH DAN LEMBAGA:

  1. Kepada instansi pemerintah maupun swasta, ormas, lembaga pendidikan, universitas / perguruan tinggi, mesjid maupun mushalla di Sumatera Utara kiranya dapat memasang spanduk berisikan tentang seruan berqurban dan Sholat Idul Adha 1440 H.
  2. Melaksanakan syiar’ Idul Adha dengan berbagai kegiatan.

B. KEPADA UMAT ISLAM DI SUMATERA UTARA:

  1. Melaksanakan puasa tarwiyah pada tanggal 8 dzulhijjah, puasa arafah pada tanggal 9 dzulhijjah, dan imsak pada tanggal 10 dzulhijjah dari fajar terbit hingga selesai shalat Ied.
  2. Melaksanakan takbir, tahlil dan tahmid, zikir dan do’a mulai terbenamnya matahari pada 9 Dzulhijjah hingga sore hari 13 Dzulhijjah baik di rumah-rumah, mesjid, langgar, mushalla atau tempat-tempat lainnya.
  3. Melaksanakan shalat Idul Adha, baik di lapangan terbuka, masjid-masjid maupun langgar/mushalla dengan memakai pakaian yang terbaik serta suci dan memakai wewangian.
  4. Bagi yang mampu agar menyembelih kurban, dengan ketentuan : tujuh orang untuk seekor sapi/lembu/kerbau, dan seekor kambing untuk satu orang yang dilaksanakan setelah shalat Idul Adha tanggal 10 Dzulhijjah s/d 13 Dzulhijjah. Daging dan seluruh yang dapat dikonsumsi termasuk kulit kurban tersebut dibagi-bagikan untuk fakir miskin, dan mereka yang membutuhkan.
  5. Menjaga persatuan dan kesatuan umat secara terus menerus dan bersilaturrahim secara berkesinambungan.
  6. Agar menjaga kerukunan antar umat beragama dan menghindarkan diri dari perbuatan dosa dan maksiat.

C. KEPADA PARA IMAM DAN KHATIB :

  1. Memimpin dan melaksanakan shalat Ied dengan penuh khusu’ dan tawadhu’
  2. Sampaikanlah khutbah yang dapat menyejukkan hati jama’ah, mendorong umat untuk lebih taat beribadah,berakhlakulkarimah,menjauhiperbuatan-perbuatanyangmengakibatkan teraniayanya orang lain, memelihara persatuan dan kesatuan/ukhuwah Islamiyah, ukhuwah wathaniyah dan ukhuwah basyariah, bekerja keras untuk mencapai kebahagian di dunia dan akhirat, serta memberikan kesejukan kepada Umat.
  3. Mendo’akan agar para jama’ah haji yang sedang melaksanakan kewajiban hajinya tetap diberi Allah Swt kekuatan iman dan kesehatan, sehingga dapat menyelesaikan ibadahnya tersebut dengan mendapat haji yang mabrur dan kembali ke tanah air dalam keadaan selamat, sehat wal’afi’at.
  4. Berdo’a untuk keselamatan Negara dan Bangsa Indonesia, dan memohon keampunan kepada Allah Swt atasdosa-dosayangtelah diperbuatdimasalalusehinggaterhindardarisegalamusibah.-
  5. Menyantuni anak yatim, yatim piatu dan kaum dhuafa.