MUI SUMUT MENYAPA UMAT DI KOTA SIANTAR

0
507 views

Pada Ramadan ke 15  (20 Mei 2019)  Tim Safari Ramadan MUI Sumut melaksanakan safari ke kota Siantar sebagai rangkaian dari safari ke 106 masjid di 25 Kecamatan yang tersebar di kab/kota se Sumutera Utara. Tim Safari Ramadan yang dipimpin oleh Wakil Ketua Umum MUI Sumut, Dr. H. Maratua Simanjuntak beserta rombongan yaitu; Dr. H. Arso, M.Ag, (Wakil Ketua Umum MUI Sumut), Prof.Dr. H. Hasan Bakti Nasution, MA (Ketua Bidang Pendidikan), Dr. Arifinsyah, M.Ag (Sekretaris Komisi), Dr. Akmaluddin Syahputra, M.Hum, (Sekretaris Komisi Fatwa), dan Irwansyah, M.HI (Wakil Sekretaris Komisi Fatwa).

Tim safari dijadwalkan mengunjungi 6 masjid yang sudah dipersiapkan oleh MUI Kab Siantar di antaranya adalah; Masjid Taqwa As Sholeh, Jalan Silimakuta, Masjid al Jihad Jalan Melati, Masjid Bhakti Jalan Singosari, Masjid Bhakti Jalan Serdang, Masjid al Ikhlas Jalan Nagur, dan Masjid Istiqomah jalan Bola Kaki.  Sebelum mengunjungi ke enam masjid tersebut MUI kota Pematang Siantar bersama Bapak Walikota menjamu buka bersama di kantor MUI kota Pematang Siantar. Turut hadir pada acara tersebut  mewakili Kapolres, Tokoh Agama Kota Siantar, anggota DPRD Kota Siantar.

para undanagan berbuka puasa bersama di aula MUI kota Pematang Siantar

Pada kesempatan tersebut Ketua Umum MUI Siantar Buya H.M.Ali Lubis menyampaikan ucapan terimakasih kepada MUI Sumut yang mengunjungi kota Siantar, ia berharap dengan kehadiran MUI Sumut kita kedepan menjadi orang yang berilmu amaliyah sekaligus orang yang beramal ilmiyah, yaitu ilmu yang sudah kita miliki mampu kita aplikasikan di tengah masyarakat agar ada manfaatnya, dan ibadah atau amal yang kita laksanakan ada dasar dari wahyu Allah baik dari al quran maupun al hadis.

Walikota kota Siantar Herfiansyah Noor dalam sambutannya menyampaikan untuk menjadikan bulan Ramadan sebagai perekat silaturahim antara ulama dan umara, beliau juga mengucapkan selamat datang dan  terimakasih atas kunjungan MUI Sumut, “biasanya orang yang mendatangi ulama, kami bersyukur MUI Sumut mau mendatangi umat di daerah khusunya kota Siantar. Mudah mudahan kita selalu menjadi orang yang beruntung dibulan berkah demi mewujudkan kota pematang siantar yang semakin mantap maju dan berkah.” tuturnya.

Penyerahan bingkisan dari MUI Kota Siantar kepada Tim Safari MUI Sumut

Acara berbuka puasa bersama umat di Siantar diisi dengan Tausiyah menjelang berbuka puasa oleh Wakil Ketua Umum MUI Provinsi Sumatera Utara, Dr. H. Arso, M.Ag. Pada tausiyahnya beiau berpesan: ada lima hal yang ingin kita raih keutamaan dalam bulan Ramadan ini, yaitu; mengharap rahmat Allah dan meraih magfirah, meningkatan kualitas ketakwaan kita dan istiqomah, bersama sama menyucikan diri, menghimpun kemuliaan ramadan, berusaha meraih cita cita agung yaitu surga dan terhindar dari api neraka. Lebih lanjut beliau menyampaikan sebuah Hadis Qudsi, yang artinya, “Demi keagungan dan kebesaran-Ku, sesungguhnya Aku hendak menimpakan azab kepada penduduk bumi. tetapi apabila Aku memandang kepada : orang-orang yang memakmurkan rumah-rumahKu dan, memandang kepada orang-orang yang saling menyukai karena Aku, dan, memandang kepada orang-orang yang memohon ampun di waktu sahur, maka Aku palingkan azab itu dari mereka.”