Thursday, 29 October, 2020

PROF.KH.IBRAHIM HOSSEN PENDIRI KOMISI FATWA MUI


Mengenal Sosok Ulama Ahli Hukum Islam Pendiri Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia
(PROF.KH.IBRAHIM HOSSEN) Lahir 1917 Wafat 2001.

Prof. KH. Ibrahim Hossen lahir di Bengkulu pada 1 januari 1917. Ayahnya adalah KH.Hossen, seorang ulama dan saudagar. Ibunya adalah Siti Zawiyah, seorang putri keturunan ningrat Kerajaan Bengkulu. Beliau dikenal sebagai ulama ahli ushul fikih dan fikih muqarran (fikih perbandingan mazhab). Beliau adalah Ketua Komisi Fatwa MUI Pusat selama hampir 20 tahun.

Pada usia 26 tahun, beliau diangkat sebagai Imam Besar di wilayah Bengkulu dan sempat mengenyam pendidikan di Universitas Al-Azhar Mesir.Banyak ahli sejarah yang menyebutkan bahwa ide awal pendirian MUI adalah berawal dari ide dan pemikirannya. Idenya tersebut adalah untuk membentuk Lembaga Ijtihad Kolektif di Indonesia. Ide Ibrahim tersebut sempat ditolak oleh Buya Hamka, tokoh yang justru kemudian menjadi Ketua MUI yang pertama. Ide Ibrahim sempat ditolak oleh Buya Hamka karena Buya Hamka pada awalnya lebih setuju adanya pengangkatan Mufti Negara, bukan dalam bentuk Majelis Ulama Indonesia.

  1. Ibrahim selama hidupnya pernah dipercaya dalam berbagai posisi penting, antara lain :
  2. Rektor IAIN Palembang
  3. Pendiri dan Rektor pertama PTIQ (Perguruan Tinggi Ilmu Alquran) dan IIQ (Institut Ilmu Alquran) Jakarta
  4. Guru Besar Ushul Fikih UIN Jakarta
  5. Staf Ahli Menteri Agama
  6. Anggota Dewan Pertimbangan Agung

Pada tahun 1967 dirinya menolak jabatan sebagai Duta Besar RI untuk Saudi Arabia.Pada Muktamar NU tahun 1971 beliau sempat diminta untuk menjadi Rois Syuriah PBNU, namun dengan rendah hati beliau menolaknya. Prof.Hasbullah Bakri dan Prof.Dr. Umar Sihab menyebut beliau sebagai seorang Ulama Mujtahid fatwa yang disejajarkan dengan Imam Nawawi dan Imam Rafii (dua ulama besar pada Mazhab Syafii). Sudah banyak disertasi doktoral dalam bidang Hukum Islam yang mengupas pemikiran Ibrahim Hossen. Begitu juga berbagai karya tulis beliau dalam bidang Hukum Islam jumlahnya cukup banyak yang bisa kita jumpai. Ibrahim Hossen wafat di sebuah Rumah Sakit di Singapura pada usia 84 tahun di tahun 2001 dan dimakamkan di Komplek Pemakaman UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Saat acara memorial conference Refleksi Pemikiran Ibrahim Hossen, Ketua Umum MUI Pusat dalam sambutannya mengatakan bahwa MUI tak bisa dilepaskan dari Komisi Fatwa dan Komisi Fatwa tak bisa dilepaskan dari sosok Ibrahim Hossen.

Mari Mengenal Sejarah Para Ulama Kita

//
Konsultasi
Kirimkan via WhatsApp?