AYOOO.. LATIHAN KALIGRAFI DAN SENI LUKIS DI KEDAI WAKAF MUI SUMUT (GRATIS)

0
560 views

Reporter: Saddan Yasir (mahasiswa PTKU)

Dewasa ini banyak fenomena miris yang tampak pada diri seorang anak bahwa kegiatan sehari-harinya dipenuhi dengan bermain gadget. Bahkan sebagian anak seusia 7 tahun sudah dibelikan gadget oleh orang tuanya dengan harga yang berpariasi tergantung kecukupan ekonomi mereka. Hal ini tentu berdampak buruk bagi pengembangan kecerdasan dan potensi anak terlebih kegiatan untuk melatih kreatifitasnya sudah hilang. Melihat hal ini peran penting orang tua sangat diharapkan untuk mengarahkan anak dalam mengembangkan bakat dan potensinya dengan melatihnya berkreasi dan bermain yang bertemakan edukasi. Tetapi kebanyakan orang tua sibuk dalam bekerja sehingga tidak sempat untuk merealisasikan kegiatan tersebut. Untuk mengatasi hal itu, orang tua harus mengambil sikap bijak demi kesuksesan masa depan anak, diantaranya adalah dengan memasukkannya dalam kegiatan belajar yang diadakan pada lembaga-lembaga yang menyediakan bimbingan.

Berbicara mengenai lembaga bimbingan belajar yang ada di tengah masyarakat, tentu saja memiliki biaya atas jasa mereka mengelola lembaga dan upah para guru yang membimbing. Jika dilihat dari latar belakang ekonomi, tidak semua orang tua memiliki kelebihan biaya untuk dapat memasukkan anaknya kedalam lembaga-lembaga tersebut. Lembaga-lembaga bimbingan belajar tersebut kebanyakan milik swasta, sangat jarang didapati ada lembaga bimbel yang disediakan pemerintah dengan biaya yang gratis.

Atas dasar latar belakang ini, maka Halal Mart yang diprakarsai oleh Dr. Akmaluddin Syahputra, M.Hum. berinisiatif untuk mengadakan kegiatan belajar yang berlokasi di Kedai Wakaf di samping minimarket Halal Mart. Kegiatan ini berupa belajar menggambar dan kaligrafi. Kegiatan tersebut sepenuhnya akan dibimbing oleh Henri Sinaga, Amd. A. yang merupakan lulusan terbaik pada wisudawan mahasiswa PTKU MUI Sumut dan sekaligus memegang jabatan manajer di Halal Mart.

 “Kegiatan menggambar bersama anak-anak ini baru dimulai pada hari Sabtu 13 Juli 2019, kegitan ini rutin diadakan setiap sore hari khusus untuk kalangan anak-anak sedangkan untuk orang dewasa kami atas nama Halal Mart menyediakan latihan kegiatan kaligrafi setiap sore pada hari Minggu”. Tutur Henri Sinaga ketika diwawancari terhadap latihan perdana kegiatan belajar di Kedai Wakaf.

Henri Sinaga melanjutkan bahwa harapannya kedepan agar kegiatan pelatihan menggambar dan kaligarfi ini tetap berlanjut tidak hanya sampai disini sehingga dapat memotivasi anak-anak untuk mengembangkan potensinya serta mencintai keindahan seni lukis dan kaligrafi seni Islam. Akhirnya semakin banyak anak-anak atau peserta yang ikut ambil bagian, sehingga kita dapat mencetak kader-kader yang kreatif  dan profesional.

Pada pertemuan perdana tersebut peserta yang ikut sebanyak lima orang, yaitu Dias (7), Rizki Ramadhan (7), Rizky Aulia (10) dan dua teman lainnya. “Kami senang bisa ikut melukis ini, bisa menggambar dan diajari sama bang Henri yang baik”, kata Rizki Ramadhan (7) ketika ditanya kesannya ketika belajar melukis.