KONTRIBUSI KH. MUSTAFA BS. ROKAN TERHADAP PENDIDIKAN DI ASAHAN. (Risalsah PTKU 2019)

0
569 views

Abdul Rahman Siahaan

KH. Mustafa BS rokan lahir di desa Sei Tualang Kabupaaten Asahan Provinsi Sumatera Utara pada tanggal 22 Desember 1922 dari seorang ayah yang bernama Busu rokan dan ibunda yang bernama Ipen. Tuan guru KH.Mustafa lahir dengan peristiwa yang sangat luarbiasa, karena beliau lahir tanpa disadari ibunda ketika itu sedang terjadi banjir, air hampir sampai kelantai padahal rumah beliau pada saat itu dalah rumah panggung. Disaat ibunda mondar-mandir dari depan kebelakang rumah, tiba kembali kebelakang rumah terlihat ada anak bayi, sang ibu lansung memegang perutnya yang sudah kempes, ternyata bayi itu adalah Ustadz KH. Mustafa BS rokan. Masa kecil beliau pindah ke selat lancag sampai meranjak remaja setelah remaja beliau ikut berjuang dalam kemerdekaan dengan bergelirnya sampai ke Sei. Lebah desa Pertahanan sampai kemerdekaan Indonesia 1945, beliau diberi tawaran untuk mejadi veteran akan tetapi beliau menolak, karena beliau berpendpat bahwa berjuang itu merupakan bentuk pengabdian terhadap negara yang harus dilakukan dengan ikhlas semata-mata hanya mengharap ridho Allah.

Kemudia setelah dewasa beliau memilih pergi kehutan membalok dan bertani, kemudian beliau pindah ke Desa Sei. Paham Kabupaten Asahan Provinsi Sumatera Utara dan menikah dengan Mariyam Sitorus binti Arsyat Sitorus di pasar II Desa Pertahanan. Beliau dikaruniai dua orang anak, yang pertama bernama Siti Fatimah namun Allah berkehendak lain, anak pertama beliau meninggal pada usia 47 (empat puluh tuju) hari, kemudian lahirlah anak kedua beliau yang bernama Nurleli Rokan dan dari anak beliau ini dikaruniai empat

Tujuan yang ingin dicapai tulisan ini adalah untuk memperkenalkan seorang tokoh yang memiliki kontribusi di Asahan yaitu KH. Mustafa BS. Rokan Berdasarkan dari pembahasan ini penulis dapat menyimpulkan bahwa KH. Mustafa memiliki peran atau Kontribusi terhadap pendidikan di Asahan. Salah satunya adalah dengan mendirikan Rumah Suluk Bait Al-Kholil pada tahun1970 yang diresmikan tahun1972 sebagai tempat bagi setiap orang yang ingin belajar dan menuntut ilmu, dan beliau juga mendirikan sekolah ibtidaiyah yang diberinama Hudallissabil yang didirikan pada tahun 1990-an.

Biografi Abdul Rahman Siahaan

Nama saya Abdul Rahman Siahaan, lahir di desa sei. Kepayang Tengah tanggal 27 Juni 1998, dari ayah yang bernama Ahzen Siahaan dan ibu yang bernama Ummi Kalsum, yang beralamat di Dusun VIII, Kecamatan Sei. Kepayang Tengah Kabupaten Asahan. Saya menyelesaikan pendidikan dasar dari SD Negeri 014640 Sei. Kepayang pada tahun 2010, kemudian melanjut ke jenjang berikutnya dan menyelesaikan pendidikan di MTs. Tsanawiyah Swasta Sei. Kepayang pada tahun 2013, kemudian menyelesaikan pendidikan MA. Alwashliyah Sei. Kepayang pada tahun 2016, kemudian saya melanjutkan ke perguruan tinggi di Pendidikan Tinggi Kader Ulama MUI-SU dan selasai pada tahun 2019.