PEMIKIRAN DAN KONTRIBUSI LAHMUDDIN DALAM ILMU FALAK (RISALAH PTKU 2019)

0
677 views

IRVAN SIMANGUNSONG

Latar belakang masalah penelitian ini adalah didasari karena sedikit atau bahkan tidak adanya penelitian secara spesifikasi tentang sosok seorang ahli dalam ilmu falak, baik yang berkaitan dengan pemikiran atau kontribusi tokoh dalam perkembangan ilmu falak. Di samping itu, penelitian itu juga didasari karena kelupaan dan ketidaktahuan masyarakat Sumatera Utara umumnya dan masyarakat Kota Medan khususnya tentang sosok Lahmuddin Nasution yang ahli dalam ilmu falak. Masyarakat secara umum hanya mengetahui bahwa Lahmuddin Nasution hanya ahli dalam bidang hukum Islam (fikih), khususnya dalam bidang hukum Islam mazhab asy-Syâfi`î.

Atas masalah tersebut di atas, penelitian ini memiliki tiga rumusan masalah yaitu (1) bagaimana latar belakang kehidupan Lahmuddin Nasution, (2) bagaimana pemikiran Lahmuddin Nasution tentang ilmu falak, dan (3) apa kontribusi Lahmuddin Nasution terhadap perkembangan ilmu falak. Sehingga menjadi jelas arah tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengenal sosok Lahmuddin Nasution sebagai ahli falak dan untuk mengetahui bagaimana pemikiran serta apa kontribusinya dalam perkembangan ilmu falak.

Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Lahmuddin Nasution dalam pemikiran ilmu falaknya yang ruang lingkupnya adalah waktu-waktu salat, arah kiblat, penentuan awal bulan dan gerhana, yang secara umum termasuk juga dalam kajian fikih, pemikirannya lebih cenderung dan telah dipengaruhi dari pendapat-pendapat ulama mazhab asy-Syâfi`î. Dalam kontribusinya Lahmuddin dapat dikatakan telah memenuhi syarat sebagai seorang tokoh ahli falak, di mana kontribusinya memasuki semua ranah komunitas, baik pemerintahan, perguruan tinggi, ormas maupun masyarakat. Terlebih lagi, Lahmuddin Nasution berhasil membuat rumus-rumus ilmu falak dalam sistem komputerisasi yang dengan penemuan-penemuan kontributif tersebut Lahmuddin dari aspek ini dapat dikatakan menjadi lebih unggul daripada para ahli falak sebelum dirinya.

Kata Kunci: Lahmuddin Nasution, Ilmu Falak, Pemikiran dan Kontribusi.

BIODATA IRVAN MANGUNSONG

Saya adalah anak dari pasangan Usman Mangunsong dan Rubiyah Hasibuan. Lahir di Air Joman, Sumatera Utara, pada 02 April 1997. Saya adalah alumni dari SDN 017 Balam Sempurna, Riau. MTS Nurhasanah Balam Sempurna, Riau. SMK Widya Karya, Balai Jaya Kota, Riau. Saat ini saya sedang mengenyam pendidikan dibangku kuliah Pendidikan Tinggi Kader Ulama Majelis Ulama Indonesia Sumatera Utara (PTKU MUI-SU).

Saya telah menulis beberapa buah buku, yaitu: Studi Islam (belum cetak); Tujuh Tahap Perubahan: Bahagia Dunia Selamat Akhirat (belum cetak); Konsep Manusia dalam Bingkai Islam (belum cetak); Ad-Da`awât wa al-Azkâr; Minoritas Muslim Mengenal Islam (proses); Kun Sa`îdan: Berbahagialah (proses); Syarah Hadis Inspirasi (proses); Pribadiku (proses) Minoritas Muslim Mengenal Islam (proses); dan buku yang sudah diterbitkan adalah Mengenal Tuhan: Tumbuh Cinta Hadir Bahagia (Medan: CV Manhaji, 2019). Buku ini diberi pengantar oleh Prof. Dr. H. Ramli Abdul Wahid, MA; Prof. Dr. H. Amroeni Drajat, M.Ag; dan Prof. Dr. H. Hasan Bakti Nasution, MA

Selain menulis buku, saya juga menulis di koran waspada, buletin di UIN Sutomo Masjid Ulul Albab dan Universitas Dharmawangsa, dan blog atau website internet. Di antara tulisan yang sudah diterbitkan ialahDebat Tauhid Adanya Allah: Abu Hanifah vs Ateis;Fikih Ikhtilaf: Menyikapi Perbedaan Pendapat;Sumber dan Kunci Bahagia dalam Perspektif Islam;Meneladani Rasulullah dalam Berbagai Aspeknya;Himbauan Kepada Jamaah Salat Jumat;Muhasabah Diri;Kesuksesan Lahir dari Sebuah Niat;Rukun Islam: Motivasi Sukses Dunia & Akhirat;Rukun Iman: Sumber Kekuatan dan Kebahagiaan;Ihsanlah! Niscaya Anda Dicintai Khalik & Makhluk;Ilmu adalah Cahaya Kehidupan, Carilah!Mencari Ilmu sama dengan Mencari Surga;Jangan Takut, Anda Aman Selama Memenuhi Hak Allah;Jangan Rakus, Anda Hanya Perlu Tiga Hal dari Dunia ini;Beda Orang Mukmin dan Muslim, Maka Jadilah Anda Seorang Mukmin;  Salat…Salat…Salat;Mengenal Halalmart MUI-SU;Selamat Milad Halalmart MUI Sumut;MUI Sumut Gelar Safari Ramadhan 1440 H/2019 M.

Saya juga pernah menjadi editor dari beberapa buku di antaranya Problematika Jodoh yang ditulis oleh mahasiswi S-2 di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (Ki Hajar Dewantara)Yogyakarta yaitu Afriani Zakaria; dan dua buku dari dosen saya Drs. H. Ahmad Sanusi Luqman, Lc., MA yaitu Bunga Rampai: Materi Ceramah Majelis Taklim (Medan: CV Manhaji, 2019) dan  Semangat dan Optimisme Modal Meraih Cita-Cita: Kisah Perjalanan dan Pengalaman Hidup Masa Kecil Anak Yatim yang Ingin Meraih Cita-Cita (proses cetak).

Di samping itu, ketika saya sekolah dari mulai tingkat dasar sampai SMK selalu mendapat juara dan pernah menjadi juara terbaik di antara 64 orang siswa. Selama di PTKU, saya telah melakukan dakwah di minoritas Muslim Tapanuli Utara Kecamatan Pangaribuan selama seminggu dalam rangka pengabdian masyarakat; dan dakwah di kampung halaman sebagai imam, penceramah dan khatib.