MENGENAL PINBAS MUI SUMUT

0
628 views

Pusat Inkubasi Bisnis Syariah Majelis Ulama Indonesia (PINBAS MUI) adalah pelaksana/operator kebijakan yang ditetapkan Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat (KPEU) yang didirikan untuk menindaklanjuti strategi dan keputusan Kongres Ekonomi Umat dan kebijakan umat berdasarkan Surat Keputusan Dewan Pimpinan Mejelis Ulama Indonesia Nomor: Kep-639/MUI/I/2017 tanggal 10 Juli 2017. PINBAS MUI merupakan lembaga pembinaan, pendampingan dan pengembangan serta memampukan Wirausaha yang berkelanjutan.

Pada kongres Ekonomi Umat di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta tahun 2017 yang juga diikuti oleh Dr. H. Sakhira Zandi,M.SI, mendapat tugas khusus yang terkait dengan program prioritas sesuai dengan pandangan dan kesepakatan yaitu: Redistribusi Aset, Kemitraan Ekonomi Umat, dan Program Vakasional

  1. Reditribusi aset adalah suatu langkah atau program yang memberikan kesempatan pada masyarakat/umat mengelola lahan-lahan yang dibagikan pemerintah untuk kegiatan ekonomi produktif. Pemerintah memberikan hak pengelolaan aset lahan dari negara atau pengusaha yang lahannya tidak produktif, lalu dialihkan hak pengelolaannya atau didistribusikan kepada masyarakat seperti kelompok tani, kelompok nelayan, kelompok peternak, atau kominitas lainnya semisal pondok pesantren, koperasi dan lainnya.
  2. Kemtraan Ekonomi Umat, merupakan program untuk mengurangi kesenjangan ekonomi di masyarakat. Kemitraan pengusaha besar dan UMKM sangat startegis dalam memperkuat prekonomian nasional sekaligus mengurangi ketimpangan, sosial dan pendapatan masyarakat.
  3. Program Vokasional, tingkat pendidikan angkatan kerja di Indonesia sebagian masih rendah dan pengangguran juga relatif masih tinggi, sehingga menyebabkan penghasilan masyarakat masih minim dan terbatas. Langkah rasional untuk mengatasi masalah ini adalah dengan program peningkatan SDM (sumber daya manusia) baik dengan diklat secara formal maupun diklat informal.

Sistem koordinasi ekomomi umat Islam ini sesuai dengan Deklarasi Arus baru Ekonomi Indonesia dimandatkan kepada Komite Nasional Ekonomi Umat, akan tetapi karena belum dibentuk secara khusus yang mewakili seluruh stakeholder ekonomi umat, maka untuk sementara ini masih menggunakan tim kerja organik lembaga MUI (sebagai kordinator) dengan tetap berkoordinasi dengan seluruh stake holder lainya

Oleh karena itu, sistem koordinasi ekonomi umat saat ini dilaksanakan oleh:

  1. Tim Kongres Ekonomi Umat
  2. Tim KPEU-MUI (Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat)
  3. Tim PINBAS-MUI (Pusat Inkubasi Bisnis Syariah)
  4. Tim Stakeholder lainnya

Saat ini PINBAS -MUI sedang mengupayakan pendirian PINBAS Cabang di Seluruh Provinsi di Indonesia, untuk Provisi Sumatera Utara, PINBAS MUI Sumut dikepalai oleh Sekretaris Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat, Dr.H.Sakhira Zandi, M.SI. PINBAS -MUI ini merupakan ujung tombak untuk program aksi ekonomi umat. Bersama dengan operator lain terus menjalankan implementasi program-program unggulan untuk umat yang berorientasi: pelaksanaan program aksi ekonomi umat; pelatihan dan pendampingan UMKMK; penumbuhan usaha UMKMK; peningkatan penghasilan UMKMK; pengembangan jaringan ekonomi umat; dan manfaat lainnya.