MUI Sumut Akan Lantik Pengurus LADUI

0
604 views

MEDAN (Waspada): MUI Sumut akan lantik pengurus LADUI (Lembaga Advokasi Umat Islam) dan gelar webseminar (webinar) RUU HIP.

MUI Sumut akan lantik pengurus LADUI pascawafatnya Direktur H Hamdani Harahap yang digantikan oleh Dr Abdul Hakim Siagian.

Beliau akan dilantik sebagai Direktur Lembaga Advokasi Umat Islam Majelis Ulama Indonesia Sumatera Utara (LADUI MUISU), Sabtu(20/6).

Hal ini disampaikan Sekretaris MUI Sumut, Dr Ardiansyah, MA, Kamis (18/6).

Dia mendampingi Ketua Umum, Prof Dr H Abdullah Syah, MA, Wakil Ketua Umum Dr H Arso SH, MAg, Dr H Ramlan Yusuf Rangkuti MA dan Dr H Akmaluddin Syahputra, M Hum kepada media di kantor MUI Sumut Jl Sutomo Ujung, Medan.

Dalam keteranganya, Ketua Umum MUI Sumut, Prof Dr Abdullah Syah menilai, Dr Abdul Hakim Siagian sosok yang tepat mengemban amanah sebagai Direktur Ladui MUI Sumut.

Lembaga itu menjadi wadah pembelaan bagi umat Islam yang memiliki masalah dengan hukum.

Selain pelantikan dan pengukuhan, kegiatan pada Sabtu (20/6) diharapkan menjadi sarana silaturahmi yang memperkuat ukhuwah Islamiyah.

Jangan sampai adanya paham-paham kekirian bisa memecah belah umat.Maka,Ladui sebagai benteng utama di MUI bisa mencegah unsur pemecah belah ukhuwah ummat.

“Jika ada unsur-unsur itu kita harus saling mengingatkan. Jika ada masalah menyangkut persoalan hukum,Ladui yang akan maju ke depan,” katanya.

Dia sembari berharap Ormas Islam di Sumut juga bisa bersatu, guna mencegah perpecahan umat di masa datang.

Amanah

Sedangkan Abdul Hakim Siagian yang menggantikan Alm Hamdani Harahap menyebutkan penunjukkan dirinya adalah amanah yang akan dijalankan sebaik-baiknya.

Kepada umat Islam, kata Abdul Hakim Siagian, agar datang ke Ladui MUI Sumut, jika menghadapi masalah hukum.

“Ladui MUI Sumut siap memberikan bantuan hukum kepada ummat, karena Ladui hadir secara Ligitasi dan Non Ligitasi.

“Sehingga Ladui sebagai ‘tentara’ terdepan dalam membela kepentingan umat,” katanya.

Setelah pelantikan dan pengukuhan pengurus Ladui MUI Sumut, sekaligus Perwakilan Kabupaten/Kota secara virtual, pascawafatnya Direktur Ladui MUISU, H Hamdani Harahap M Hum beberapa waktu lalu.

Ini sekaligus dirangkai dengan webinar terkait Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP).

Adapun pembicaranya Ketua Umum MUISU, Prof Dr Abdullah Syah MA, Shohibul Anshor dan Faisal Akbar.

Sedangkan Abdul Hakim Siagian akan menjadi moderator.

Kata Abdul Hakim Siagian, hasil dari kegiatan webseminmar (webinar) akan disampaikan kepada MUI Pusat yang sudah mengambil sikap penolakan.

Maka, sangat diharapkan atas dorongan dari berbagai element kepada pemerintah agar RUU HIP itu dihapuskan saja.

Karena secara pragmatis kita tidak tahu siapa yang membutuhkan RUU HIP ini.

Webinar juga melalui live streaming channel Youtube, Facebook, dan Instagram Majelis Ulama Indonesia Provinsi Sumatera Utara pada Sabtu 20 Juni 2020, pada pukul 10.00 s/d 12.00 WIB.

Masyarakat Sumatera Utara khususnya dan seluruh umat Islam bisa menyaksikannya serta berdiskusi melalui WA 081265757391.

Kegiatan ini akan memberikan masukan kepada DPR dan pemerintah untuk menghentikan RUU HIP (m22)

https://waspada.id/medan/mui-sumut-akan-lantik-pengurus-ladui/