SIFAT-SIFAT ALLAH

0
940 views

SURAT KEPUTUSAN KOMISI FATWA MAJELIS ULAMA INDONESIA PROVINSI SUMATERA UTARA Nomor : 001 /KF/MUI-SU/ IX /2019 (download)

Di tengah-tengah masyarakat yaitu di Pangkalan Berandan telah terjadi perdebatan tentang sifat sifat Allah, segolongan masyarakat mengatakan bahwa sifat Allah adalah baharu (hadits) dan segolongan lagi mengatakan sebaliknya, yaitu qadim.Bahkan sudah sampai pada saling mengkafirkan antara satu kelompok terhadap kelompok lainnya.Wacana teologis, khususnya tentang sifat-sifat Allah, adalah ranah akidah sehingga setiap
muslim harus mengetahuinya. Permohonan fatwa dari MUI Kabupaten Langkat nomor : A.044/DP-K.II-03/SR/VII/2019 tertanggal 21 Juli 2019 M/18 Dzulqaidah 1440 H, perihal : Mohon Menerbitkan Fatwa tentang Sifat Allah SWT Qadim atau Baharu.

Komisi Fatwa MUI Sumatera Utara menetapkan: Fatwa tentang sifat-sifat Allah Taala.

Qadim dan Azali adalah apa saja yang tidak memiliki permulaan,

Ketentuan Hukum

  1. Ulama Ahlus Sunnah Wal Jamaah sepakat bahwa sifat-sifat zatiyyah Allah Swt. adalah qadim.
  2. Sifat fi„liyah dilihat dari keberadaan asalnya sebagai sifat Allah adalah qadim. Namun jika dilihat dari keterkaitannya (ta„alluq) satu persatu kepada objeknya maka ia terikat dengan waktu dan tempat dan objek ta‟alluq dari sifat fi’liyah (perbuatan) Allah adalah baharu.

Rekomendasi

  1. Kepada para pihak yang berbeda pendapat dalam masalah sifat-sifat
    Allah harus mengikuti pendapat muktabar dari Ahli Sunnah Wal Jamaah.
  2. Majelis Ulama Indonesia Provinsi Sumatera Utara menghimbau kepada sesama muslim tidak memutus tali silaturrahim, tidak saling
    mengkafirkan, apalagi saling menyakiti baik fisik maupun fisikis satu pihak dengan pihak lainnya.

Demikian fatwa ini ditetapkan sesuai dengan hasil sidang musyawarah Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia Provinsi Sumatera Utara dengan ketentuan apabila di kemudian hari terdapat kekeliruan dalam keputusan ini akan diadakan perbaikan sebagaimana mestinya.