Friday, 25 September, 2020

Gebyar Muharram 1442 H MUI SUMUT Meriah Penuh Berkah


Muisumut.com- Berbeda dengan peringatan tahun baru Islam sebelumnya, tahun ini Majelis Ulama Indonesia Provinsi Sumatera Utara (MUI-SUMUT) sangat antusias menyambut peringatan Muharram 1442 H, dengan berbagai rangkaian acara demi mengagungkan hari besar Islam tersebut.

Ketua Umum MUI SUMUT Prof Dr H. Abdullah Syah MA mengatakan “Tahun baru Islam adalah peringatan momen hijrahnya Nabi Muhammad Saw., Kita harus mempererat tali ukhwah kita sebagaimana hubungan kaum Muhajirin dan Anshar”, ungkapnya pada pembukaan  acara peringatan tahun baru Islam 1 Muharram 1442 H di Aula MUI SUMUT, Kamis (3/9).

Turut hadir Gubernur Sumatera Utara H. Edy Rahmayadi, Wakil Gubernur H. Musa Rajeksah, Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Irwansyah, Wakapolda Sumut Brigjen Pol Dadang Hartanto dan para Ketua MUI Kabupaten/Kota se-Sumut.

Gubernur mengajak untuk saling bekerjasama antara umara dan ulama dalam mengahadapi Covid-19 di Sumut.

“Kami selaku umara mendengarkan fatwa-fatwa yang dikeluarkan MUI, maka tuntunlah kami agar kita bekerjasama dalam menyelesaikan pandemi Covid-19 yang tidak diketahui kapan selesainya”, ujarnya

Edy mengajak MUI Kabupaten/Kota  se Sumatera Utara agar menghimbau umat mengindahkan protokol kesehatan dengan tujuan mata rantai penyebaran Covid-19 terputus.

Sebelumnya, Ketua Dewan Pertimbangan MUI Sumut M Yasir Nasution mengatakan bahwa sejarah agama ini berhadapan dengan hal-hal yang menggangu, ada kekuatan-kekuatan yang ingin melemahkan bahkan menghapuskan.

“Semua cobaan itu adalah untuk menguji iman kita dan cara Allah memilih siapa hambanya yang beriman, khususnya di tengah pandemi ini apakah kita tetap optimis untuk mengahadapinya”, ujarnya

Sementara itu, Ketua Panitia Peringatan Muharram 1442 H sekaligus Wakil Ketua Umum MUI SUMUT Dr H Arso MA mengatakan bahwa selain peringatan Muharram 1442 H, MUI SUMUT juga mengadakan lomba untuk kalangan milenial.

“MUI SUMUT mengadakan lomba ceramah dan karya tulis ilmiah yang diikuti oleh peserta yang berumur maksimal 30 tahun melalui online dengan tema “Ukhuwah dan Optimisme Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19”,ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, MUI SUMUT juga meluncurkan Kalender Baru Hijriyah. Diharapkan dengan ini  umat Islam dapat mengetahui tanggal dan bulan Islam. “Pada tahun 1442 Hijriyah ini tidak ada perbedaan awal Ramadhan dan Syawal di seluruh Indonesia”, terangnya.

Pada peringatan Tahun Baru Islam tersebut, Sekertaris Komisi Fatwa sekaligus Sekertaris acara Gebyar Muharram 1422 H juga mengumumkan para pemenang lomba yang telah diadakan MUI SUMUT seminggu yang lalu.

“Semua video peserta diupload melalui channel MUI SUMUT, sementara lomba karya tulis dilirim ke email MUI SUMUT. Dari 33 Kabupaten/Kota di Sumatera Utara, ada 11 Kabupaten/Kota yang ikut berpartisipasi, diantaranya Langkat, Pak pak Barat, Dairi, Nias, Labuhan Batu”, ujarnya

I. Katagori Ceramah Singkat (Durasi 5 menit) Putra

1. Abdul Hafiz     asal daerah Langkat dengan           nilai 912.2

2. M. Alfi Syahri asal          daerah   LABURA dengan nilai        763,2

3. Yurid Daviq     Tanjung asal         daerah   Nias         dengan nilai 649,9

Juara      Favorit : Akbar    Rizky       asal          daerah   LABURA dengan nilai        1.445,5                 

II. Katagori Ceramah         Singkat (Durasi 5 menit) Putri

1. Nazwa asal       daerah   Batubara dengan nilai     971,5

2. Ririn  Adrida   asal daerah Medan             dengan nilai         853,5

3. Ayu    Elfriana Sinaga asal            daerah   Tanjung Balai      dengan nilai         442.8

Juara      Favorit  : Nurjannah          asal          Langkat dengan nilai        1.485,4

III. Katagori Artikel            Populer

1. Faisal Amri      Al Azhari, M.        Ag. Dengan nilai                  254

2. Muharisyah Laili Saragih dengan             nilai        253

3. Anisa Rizkia     dengan nilai         250

//
Konsultasi
Kirimkan via WhatsApp?