Friday, 25 September, 2020

Ulama Bersama Umara Sumut Doakan Covid-19 Berakhir


MEDAN (Waspada): Ulama bersama umara di Sumut doakan secara khusus agar pandemi Covid-19 segera berakhir

Ulama bersama umara Sumut doakan Covid-19 berakhir dan MUI diharapkan jadi corong utama agar pandemi itu segera berlalu.

Hal ini terungkap saat berlangsungnya Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 H dan peluncuran kalender Hijriah 1442, Kamis(3/9) di Aula MUI Sumut Jl Sutomo Ujung Medan.

Hadir Ketua Umum MUI Sumut, Prof Dr Abdullah Syah MA, Sekrataris, Dr Ardiansyah MA, Gubernur Sumut, H Edy Rahmayadi, Wagubsu.

Juga H Musa Rajeckshah, Plt Kakanwil Kemenag Sumut, Dr H David Saragih, Ketua Ladui MUI, Abdul Hakim Siagian M Hum.

Pangdam I/BB, Mayjen TNI Irwansyah, MA, MSc, Kapoldasu Irjen Pol Martuani Sormin, Ketua MUI se kabupaten/kota, perwakilan Ormas Islam serta pemenang lomba digelar MUI Sumut sekaitan memeriahkan Tahun Baru Islam.

Doa para ulama dan umara agar wabah pandemi Covid-19 segera berakhir dipimpin Ketua MUI Kabupaten Simalungun Abdul Halim Lc, selanjutnya diaminkan oleh seluruh yang hadir.

Senada dengan Ketua MUI Simalungun, Abdul Halim, maka harapan yang sama disampaikan Ketua Umum MUI Sumut Prof Abdullah Syah MA.

Menurutnya, menghadapi ancaman virus Covid-19 ini agar tidak hentinya senantiasa berdoa kepada Allah SWT supaya virus ini berakhir.

“Jangan pernah putus asa dalam berdoa dan memohon kepada Allah agar wabah ini berakhir, ” ungkapnya.

Gubsu Optimis

Sementara Gubernur Sumatera Utara, H Edy Rahmayadi mengajak seluruh masyarakat Sumut, tetap optimis agar pandemi Covid-19 ini berakhir.

Maka, kata dia, optimis itu adalah sebuah keinginan yang diimbangi dengan usaha.

Apa usahanya? Yakni hidup berdampingan dengan Covid-19 dengan menjalankan protokol kesehatan.

“Saya optimis masalah ini akan selesai, apalagi umara dan ulama saling mendukung dalam rangka menghentikan penyebaran Covid-19,” katanya.

Maka, MUI di kabupaten/kota, hendaknya menjadi corong utama agar masyarakat patuhi protokol kesehatan, banyak berdoa kepada Allah SWT, karena virus Covid-19 juga ciptaan Allah, dengan harapan angka penyebaran bisa menurun.

“Sebab kapan berakhir? Hanya Allah yang tau,”ujarnya sembari menyebutkan sangat perlu membuat klaster Mebidang saat ini, yakni Medan Binjai Deliserdang, dengan harapan memutus mata rantai Covid.

Dia menambahkan dari pertambahan jumlah kasus pandemi Covid-19 sudah mulai berdampak pada aspek ekonomi, yang kini sangat terasa bagi pertumbuhan ekonomi yang mengalami deflasi mencapai 0,8.

Selesaikan Masalah Tanah

Hal lain disampaikan Gubsu terkait sengketa lahan tanah di Sumut. Kata dia, masalah tanah ini sangat rumit, namun dengan segala daya dan upaya yang dia miliki sebagai pempimpin di Sumut, persoalan tanah akan diselesaikan.

“Persoalan tanah di Sumut sudah 28 tahun tidak kunjung selesai, agar tidak menjadi bom waktu, maka akan diselesaikan,”sebutnya sembari berharap para ulama dan umara di Sumut saling mendorong terciptanya suasana kondusif sehingga semua persoalan bisa diatasi atau dengan kata lain, ulama lahirkan fatwa maka umara yang menjalankanya

Bertabur Hadiah

Panitia kegiatan lomba Gebyar Muharram 1442 H,Ketua Dr.H.Asro MAg dan Sekretaris Dr Akmaluddin Syaputra, MA, mengumumkan pemenang lomba.

Yakni, Kategori ceramah singkat putra dengan durasi 5 menit Juara 1 s/d 3: Abdul Hafiz asal Kabupaten Langkat; M Ali Syahri asal Labura dan Yuriq David Tanjung asal Kabupaten Nias.

Sedangkan pemenang favorit diraih oleh Akbar Rizky dari Labura. Kategori Putri, Juara 1 s/d 3: Nazwa asal Batubara. Ririn Adrida asal Medan dan Ayu Elfriana Sinaga asal Tj Balai.

Kategori Artikel Pupuler. Juara 1 atas nama Faisal Amri. Juara II atas nama Muharrisah Laili Saragih.Juara III atas nama Annisa Rizkia.

Sekretaris panitia kegiatan, Dr Akmaluddin Syaputra MA menyebutkan peserta dibatasin usianya 30 tahun.

Hal ini untuk memberi kesempatan kaum muda berbicara dan menulis, terlebih kegiatan digelar secara online, sehingga kaum muda lebih tanggap dalam bersaing.

Acara sekaligus penyerahan kalender Tahun Baru Islam 1442 H oleh Ketua Umum MUI Sumut Prof Abdullah Syah MA kepada Gubsu sekaligus penyerahan kain sarung dan penyerahan hadiah lomba. (m22)

//
Konsultasi
Kirimkan via WhatsApp?