Pengusaha Muda Apresiasi Bazar PINBAS MUI SU.

0
338 views


muisu.com. Medan,- Setelah dilangsungkannya bazar  bagi UMKN di Medan, lewat siaran televisi streaming Majelis Ulama  Indonsia Provinsi Sumatera Utara, Sabtu ( 26/9) kembali dua UMKN ikuti bazar PINBAS MUI SU secara live dari studio Kedai Wakaf MUI SU . Yaitu perusahaan “ Tempequ “ dan perusahaan kopi “ Aro”.

Kedua perusahaan UMKN tersebut  sangat bersyukur dan berterima kasih  PINBAS MUI SU, telah ikut memberikan imformasi tentang perusahaan mereka kepada komnsumen, melalau siaran live steraming  MUI SU.” Kami bangga dan terima kasih kepada MUI SU yang telah memberikan kesempatan untuk mengikuti bazar online   via televisi stereaming MUI SU “ papar pimpinan perusahan tersebut kepada muisu,com usia melangsungkan siaran live, yaitu  Ari Handoko dari UMKN TempeQu d an Syaifuddin dari perusahan Kopi ARO,.  

Ari Handoko pimpinan UMKN TempeQu, mengaku  kesempatan bagi perusahaannya via media online  dalam memberikan imformasi tentang tempe yang  dikelolanya secara halal, mengingat  perusahaanya telah mengikuti petunjuk kehalalan dan kebersihan . Kita mengelola tempe tinggal menunggu diterbitkan sertifikat halal dari MUI SU   “ ungkapnya dengan mnyebutkan  alamat usahanya  di kawaan Perumahan Ouri Bintang Merdeka Tanjung Anom Deliserdang .

Tempe Warisan Nenek Moyang.

Ari Handoko mengaku perusahaannya masih terbatas dalam memberikan pelayanan. Yaitu  khusus untuk anak pesantern taruna Al  Kalam serta lainnya.Seperti restoran pagetarian RS Adam Malik dan pemesan lainnya. Namun perlu  dicatat tempe dikelolanya sudah diekpor keluar negeri yaitu Amerika , Argentina dan beberap negara.  “ orang luar negeri suka  tempe “ ungkapnya.

Ia menjelaskan ia tidak memasarkan kepasar tradional mengingat akan bersaing beberapa peruahan tempe yang ia bina , karena kalah bersaing dalam  kwalitasnya, untuk itu ia  fokus dalam menghembangkn pmbuatan tempe yang berkwalitas , karena tempe merupakan warisan nenek moyang, Kita ingin kembangkan tempe sebagai warisan nenek moyang lebih meluas “ ungkapnya.

Langkah lanjutnya ia telah memberikan bimbangan pembutan tempe yang baik lewat bantuan Socfindo. Tahun ini ada 12 perusahan tempe yang dibina di Sumatera, meliputi Deli Serdang, Karo , langkat dan Palas. Selain itu juga keberapa manca negara kita ikut memberikan pembutaan tempe. Seperti di Kamboja Ameerika dan bebapa negera. Langkah ini dilakukan mengingat harga tempe di luar neger cukup mahal dibanding  didalam negeri.

Bercerita tentang bimbangnan tersebut dalam ypaya meningkan kerja pemebutan tempe  denganmesin. Tidak lagi secara tradisional. Bimbingan ini  membuat tempe yang baikdengan pndamping dari  dana hibah ECR . “ Dana ini secara hibah dalam upaya meningkatkan tempe yang berkwalitas, sehingga warian budaya nenek moyang ini terus terjaga “ ungkapanya sem bari menyebutkan untuk tahun 2021 ia akan memberikan bimbingan kpada 24 perusahaan tempe di Sumut.

         Kopi ARO.   

Menurut  pengusaha muda  Syaifuddin ,UMKN kopi ARO, ia kelola,  siaran live streaming  MUI SU, suatu upaya dalam membina UMKN PINBAS MUI SU  dalam  memberikan impormasi bagi masyarakat tentang keberadaan   pengusaha muslim   lewat PINBAS MUI Sumut. Dijelaskan lewat penyebaran informasi akan memberikan pencerahan bagi masyarakat bahwa seperti usaha kopi ARO, adalah minuman yang sudah lama  dikonsumsi umat  Islam sejak dulunya . Hanya saja saat ini pengelola kopi tidak lagi dilakukan secara tradiosional . Kopi sduah dikelola dengan melakukam tenaga mesin . Ia menjelaskan UMKN ARO ( Arabika Robusta) dikelola dari kopi pilihan dengan  menghimpun tenaga kerja baik tetap maupun bhl. Langkah ini dilakukan papar Syaifuddin, mengingat saat ini usaha perkopian cukup menjamur, Untuk itu perusahaanya lewat bazar dari siaran langsung streaming MUI SU,  menjelaskan bahwa kopi  telah melalakukan pengurusan sertifikasi halal dan sudah dilakukan audit oleh MUI SU. Semua ini tidak lain demi  kenyamanan  umat dalam menkonsumsi kopi yang halal dan bersih “ Kami kelola secara baik dan bersih dengan peralatan laboratorium dan tenaga ahlinya “ ungkapnya.

        Syaifuddim menjelaskan bahwa ada pemeo selama ini bahwa menkonsumsi kopi  akan perut gembung dan maag. Hal itu tidak benar mengingat kopi saat ini telah  dikonsumsi oleh berbagai lapisan masyarakat dan menjadi tren bagi  bahwa menkonsumsi kopi membuat badan sehat. Bahkan ada peneliti menyebutkan peminum kopi dapat menghancurkan nikotin bagi pencantu rokok. “ Kopi sudah dikenal sejak zaman nenek moyang “ paparnya semberi menambahkan kopi ARO bisa didapat diberbagai super market  dn telah diexpot keluar negeri. ( husni as)