Wednesday, 28 October, 2020

Kue Dangai Bisa Jadi Oleh-Oleh Sumut


muisumut.com. Medan.- Kehadiran Bazar online   UMKM PINBAS  MUI SU di Televisi streaming Majelis Ulama Indonesia Sumatera, menjadi perhatian pengusaha UMKN. Bazar online  UMKM PINBAS  MUI SU, Sabtu ( 10/10 ) live dari  televisi streaming MUI SU menampilkan dua pengusaha UMKM muslin , yaitu H. Husaini Kurniawan, pengusaha bakery  dari kawasan Medan Tuntungan dan Haris Candra mengelola kue Dangai dengan merek “ Limonam “ dari Jalan Syekh H.M.Jawi,Kecamatan Lima Puluh Pesisir  Kabupaten Batubara. 

Pengusaha muda Haris Candra, terpanggil membuka usaha kue dangai, untuk melestarikan kue warisan nenek moyang, khusus kue kebanggaan dan kebesaran masyarakat Melayu pesisir pantai. Walau namanya mungkin berbeda,seperti di Tanjungbalai,Labuhan batu,menyebutnya kue  Angin. Namun rasa dan andonannya sama yaitu tepung,gula dan kelapa.

Ia mengucapkan terimakasih kepada PINBAS MUI SU,yang mempromosikan kue leluhur ini lewat bazar online UMKM televis streaming  MUISU. Ia yakin kue dangai akan lebih dikenal dimasa akan datang.  Bahkan kue ini bukan hanya sebagai oleh-oleh  dari Kabupaten Batubara,bisa jadi akan menjadi oleh–oleh dari Sumatera Utara. Alasan Haris ,mengingat selama ini masyarakat Melayu tidak mengetahui kue dangai sudah ikut dalam usaha UMKM. bahkan produk Limonam ini sudah mendapat sertifikat halal dari MUI SU. “Mudah-mudahan kue dangai asal Batubara ini menjadi oleh-oleh dari Sumatera Utara ” ungkap Haris.

Ia mengaku dalam waktu dekat ia akan memasuki pasaran kota Medan, sehingga masyarakat yang ingin mendapatkan kue dangai akan lebih mudah. Bahkan ia akan memilih tempat pemasaran lewat kedai wakaf MUI SU. “ Sedang dipikirkan peningkatan pemasaran untuk daerah Sumatera Utara “paparnya.

Dampak Covid

Pengusaha bakery Rudy Amirudin Kurniawan yang telah bergabung dalam UMKM PINBAS MUI SU, mengaku dampak pendemi cavid19, sangat berpengaruh terhadap omset penjualan,  sekitar 40 -50 persen. Ia mengaku usaha  keluarga yang dirintis 3 tahun  kini harus tertatih. Selama ini pemasaran sekolah dan perkantor, ternyata sekolah  libur. Namun ia yakin usaha rotinya akan  kembali sediakala, dengan bantuan promosi MUI SU lewat  televisi streaming MUI SU “ Terima kasih promosi dari MUI SU  dalam pendami ini “ katanya .

Usaha roti Kurniawan ini beralamat dikomplek perumahan Stella Residen Komplek  kejaksaan, Medan Tuntungan  dan telah mendapatkan sertifikat Halal dari MUI SU dan Dinas Kesehantan Medan. ( husni.as.)

//
Konsultasi
Kirimkan via WhatsApp?