Tuesday, 24 November, 2020

Perpustakaan MUI Sumut di Digitalkan


Medan (muisumut.com) Ardiansyah/Mahasiswa PTKU

Pelatihan manajemen perpustakaan digital yang dilaksanakan  oleh Komisi Pendidikan dan Kaderisasi MUI Provinsi Sumatera Utara yang dipimpin oleh Prof. Dr. H. Hasan Bakti Nasution, MA menghadirkan pakar Perpustakanan Dr. Muhammad Dalimunthe dan Pakari IT UIN Sumatera Utara Ibnu Rusydi, M.Kom, Pelatihan kepada  mahasiswa pendidikan kader ulama (PTKU) MUI Sumatera Utara bertempatkan di ruang Rapat Dewan Pimpinan MUI sumut jalan MUI no 03. Medan, kamis (29/10) (muisumut.com).

Dalimunte menjelaskan di zaman era modern ini semua kalangan masyarakat lebih mudah mendapatkan informasi baik media cetak maupun media elektronik begitu juga dengan perpustakaan, orang sudah jarang minatnya untuk datang ke perpustakaan karena semua sudah berbasis elektronik maka dengan membuat perpustakaan ini menjadi online sehingga orang lebih mudah mencari informasi dari berbagai daerah.

Selain lebih mudah mencari informasi, perpustakaan MUI ini berbeda dari perpustakaan yang lain yang mana buku-buku ini selain buku umum terdapat juga buku-buku arab yang mana buku ini sudah diperkirakan umurnya disimpan sampai 120 tahun lamanya,  dan perpustakaan MUI ini adalah perpustakaan kitab kuning terbesar dan terlengkap di Sumatera utara.

Dalimunte menambahkan bahwa dengan mendigitalkan buku ini maka buku-buku yang telah lama bisa tersimpan dengan baik di file komputer dan lebih bermanfaat bagi  masyarakat di dunia terkhusus di indonesia.

“ Kesuksesan perpustakaan itu bukanlah seberapa cantik seseorang mendesain tata letaknya tetapi seberapa banyak orang yang dapat melihat buku yang kita sediakan untuk dibaca ” tegasnya.

Dia juga menambahkan dalam penutupnya, sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya maka dengan membuat perpustakaan digital ini kita lebih bersemangat dalam berbuat kebaikan.

Pewarta (Ardiansyah, mahasiswa PTKU MUI Sumut)

//
Konsultasi
Kirimkan via WhatsApp?