Ramadan Berbagi di Kedai Wakaf PTKU MUI Sumut

0
631 views


Rasulullah SAW adalah orang yang paling pemurah, dan beliau lebih pemurah lagi di bulan Ramadhan. Hal ini berdasarkan riwayat Ibnu Abbas RA, ia berkata: 

كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم أَجْوَدَ النَّاسِ, وَكَانَ أَجْوَدَ مَا يَكُوْنُ فِى رَمَضَانَ حِيْنَ يَلْقَاهُ جِبْرِيْلُ …

Rasulullah SAW adalah manusia yang paling pemurah, dan beliau lebih pemurah lagi di bulan saat Jibrilumenemui beliau, …HR. al-Bukhari.

Berbagi di bulan Ramadhan lebih utama dibandingkan di luar Ramadhan, karena Nabi SAWmenyebutnya dengan bulan muwasah/saling tolong menolong. Nabi SAWsangat dermawan di bulan Ramadhan, tepatnya ketika malaikat Jibril menemuinya. Rasulullah SAW lebih dermawan terhadap hartanya daripada angin yang berhembus.

Hendaknya berusaha untuk selalu memberikan ifthar (berbuka) bagi mereka yang berpuasa walaupun hanya seteguk air ataupun sebutir korma sebagaimana sabda Rasulullah yang berbunyi:

مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِمْ مِنْ غَيْرِ أَنْ يَنْقُصَ مِنْ أُجُورِهِمْ شَيْئًا

“Barang siapa memberi buka puasa pada orang yang berpuasa maka baginya semisal pahala mereka tanpa mengurangi sedikit pun dari pahala mereka.”(HR Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Ibnu Majah dan Darimi. Hadits ini dishohihkan oleh Al-Albani)

Hadis inilah yang menjadi ruh dalam kegiatan Ramadan berbagi di Kedai Wakaf milik Pendidikan Tinggi Kader Ulama MUI Sumut. Kegiatan Ramadan berbagi ini insha Allah akan dilaksanakan setiap hari di bulan Ramadan. Setelah Ashar dilaksanakan kegiatan berbagi ilmu tahsin al Quran di Masjid ar Rahmah, pada saat bersamaan juga dilaksanakan berbagi ilmu seni lukis Islam di kantin Kedai Wakaf. Menjelang berbuka puasa dilaksanakan tausiyah oleh mahasiswa kader ulama. Parede tausiyah yang dilaksanakan oleh mahasiswa kader ulama ini akan diperlombaan dengan cara diupload di yutube, sehingga siapapun, dimanapun dan kapanpun bisa mengakses video tersebut baik melalui www.muisumut.com maupun langsung ke yutube.

Kegiatan. Berbagi Seni Luki Islam

PTKU mengucapakan ribuan terimakasih kepada para kaum muslimin yang telah berbagi demi terlaksanananya kegiatan tersebut. Dana yang terkumpul pada 1 Ramadan sejumlah Rp. 2.900.000,- melalui transfer bank Muamalat atas nama Pengelola Badan Laboratorium Interpreneurship No Rek. 4820007446. Kami mengharapkan kepada kita semua umat Islam dapat berbagi bersama dibulan penuh berkah ini. Di samping program berbagi takjil PTKU melalui kedai wakaf juga akan berbagi paket sembako dan air mineral ke masjid masjid.

Berbagi di bulan Ramadan ini memiliki keutamaan menyebabkan amalan tersebut berlipat-lipat. Oleh sebab itu pahala amalan menjadi berlipat-lipat disebabkan kemuliaan suatu waktu sebagaimana juga berlipat-lipat karena kemuliaan suatu tempat. Seperti shalat di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Shalat di masjidil haram senilai dengan 100.000 shalat di masjid lainnya dan shalat di Masjid Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam di Madinah senilai dengan 1000 kali shalat di masjid yang lainnya. Mudah mudahan kita semua mampu memanfaatkan moment bulan Ramadan ini untuk berbagi. Jazakumullah khairul jaza. 

Tim Kedai wakaf sedang mempersiapkan takjil berbuka bersama