Fatwa Pembangunan Toilet di Masjid

0
4.755 views

kamar mandi/ WC atapun toilet senantiasa dibutuhkan pada setiap masjid, maka untuk itu diperlukan fatwa hukum tentang hal-hal yang musti diperhatikan dalam pelaksanaan pembangunan WC / kamar mandi di lingkungan masjid.

Beberapa ketentuan yang perlu diperhatikan adalah:

  1. Bangunan masjid dapat dikatagorikan kepada beberapa golongan antara lain terdiri dari : Bangungan Utama Masjid, Rahbah, dan Harim. Tidak semua masjid memiliki ketiga tiganya.
  2. RAHBAH adalah bangunan yang berada di luar bangunan utama masjid, tetapi berhubungan langsung dengan masjid dan ada dinding pembatasnya.
  3. HARIM adalah halaman / pekarangan masjid yang berada diluar bangunan utama dan rahbah masjid.

Ketentuan Hukum

  1. Membangun WC / kamar mandi di RAHBAH masjid adalah haram, sekalipun dindingnya tidak bersatu dengan dinding bangunan utama masjid.
  2. Membangun WC / kamar mandi di HARIM masjid yang ada rahbahnya hukumnya boleh walaupun dindingnya bersatu dengan dinding rahbah.
  3. Membangun WC / kamar mandi di HARIM masjid yang tidak ada rahbahnya hukumnya boleh dengan syarat : Dinding WC/kamar mandi itu tidak bersatu dengan dinding bangunan utama masjid dan Aroma WC / kamar mandi itu tidak akan mengganggu kenyamanan beribadah.
  4. Mengenai WC / kamar mandi itu berada satu atap atau tidak satu atap dengan masjid tidak menjadi masalah, yang penting adalah posisinya di RAHBAH” atau di HARIM masjid.

Download Fatwa