Friday, 25 September, 2020

Ketua MUI SU Prof Dr H. Abdullah Syah MA: “Lingkungan Kita Wajib Di jaga”


MUISUMUT.Com. Medan,- Ketua Umum  Majelis Ulama Indonesia ( MUI ) Provinsi Sumatera Utara,  Prof DR H Abdullah Syah MA, dalam sambutannya pada acara “ Pemuliaan Lingkungan Hidup ‘  yang diselenggarakan Komisi Sosial MUI SU, meminta agar ustaz, mubaligh dan khatib serta pengurus MUI Kabupaten/ kota se Sumut ,ikut aktif dalam menjaga lingkungan “ Lingkungan kita wajib di jaga “ tegasnya Minggu ( 13/9 ) di Aula MUI SU.

 Penegasan kewajiban ini kata Ketua MUI SU itu ada perintah, baik Al Qur’an dan hadis, tentang kewajiban kita untuk menjaga lingkungan hidup. Hal ini tidak lain mengingat kerusakan  lingkungan bukan hanya berakibat bagi kehidupan manusia, juga terhadap makhluk ciptaan Allah lainnya.

Ia menyebutkan akibat rusaknya lingkungan telah terjadi banjir bandang yang menelan korban nyawa, harta benda,serta bintang. Semua ini tidak lain sebahagian besar adalah akibat ulah tangan manusia. Jadi melalui kegiatan  pertemuan yang diselenggarakan Komisi Sosial dan Lingkungan Hidup MUI SU  ini, hendaknya menjadi suatu peringatan bagi kita tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup. Apalagi penjelasan pentingnya penjaga lingkuangan hidup ini disampaikan pakar –pakar yang bergelut dalam kegiatan pemuliaan lingkugan hidup. Ia menyebutkan pula sebagai contoh seperti air yang sangat vital bagi kehidupan makhluk citaan Tuhan. “Air dibutuhkan oleh manusia , hewan dan tumbuhan “  katanya. Jika air tercemar oleh najis  dan dipergunakan manusia  akan berdampak pada kesehatan juga kepentingan ibadah.  Termasuk   tumbuhan-tumbuhan, hewan sangat membutuhkannya , “ akibat tidak adanya air cukup banyak hewan dan tumbuhan mati” paparnya.

Sementara itu Ketua Komisi Sosial dan Lingkungan Hidup MUI SU, H Abdul Hamid tujuannya dilaksana kegiatan pemulian lingkungan hidup ini tidak lain banyaknya terjadi pencemaran lingkungan, apakah dari limbah makanan  maupun pabrik serta zat kimia lainnya .

Ia mnyebutkan kegiatan ini bukan hanya diikuti peerta dari MUI Kabupatn /Kora se Sumater Utara, juga diikuti BKM dan khatib dari beberapa masjid di Kota Medan.  

Tujan lain kegiatan ini, memasyarakatkan fatwa MUI tentang lingkungan hidup. Mensosialisasikan kebijakan lembaga pemulian lingkungan hidup dan sumber daya alam. Mendukung dan mensosialisasikan kebijakan pemerintah dan   melalui kerja sama dengan Dinas lingkungan hidup. Serta kerja sama dengan dinas terkait lainnya di Sumut.

Adapun nara sumber pada acara tersebut, Kadis PPKB  Sumut,  Dr.Ir Hj Hidayati MS.i Wakil Ketua Umum MUI SU Dr H, Maratua Simajuntak, Kadis Lingkungan Hidup diwakil Kasubdis, Siti Bayu  Nasution. ( Husni AS)    

//
Konsultasi
Kirimkan via WhatsApp?