MUI SU Ikut Membantu UMKN Lewat Kemajuan Teknologi Digital

0
250 views


muisumut.com. Medan,- Kemajuan teknologi saat ini, khusunya dunia komunikasi, membuat semuanya  semakin dekat  dalam mengetahui apa yang terjadi dan berkembang ditengah masyarakat, termasuk dunia usaha. Apalagi adanya jembatan kearah kearah perkembangan itu akan lebih membantu bagi kalangan pengusha. Itulah mungkin dirasakan dua pengusaha UMKN  Syahrial Efendi Sitorus SH ,dari perusahaan teh serai “Dua saudara “ dan Syahruddin , pengusaha alat kebersihan ” CV Tegar  Prima” saat ditemui, muisumut.com usai tampil disiaran televisi live streaming MUI SU, dikedai wakaf MUI SU,Selasa ( 3/10).”  Kami yakin komunikasi siaran streaming ini sangat  membantu perkembangan  usaha kami” tutur mereka. Jadi apa yang dilakukan MUI SU lewat PINBAS salah satu sarana dalam  menghidupkan usaha UMKN di Sumut.

Dengan demikian  keberadaan MUI Sumut bukan hanya sebatas  pengembangan  bidang keagamaan, melainkan telah melibatkan diri dalam membangun  kegiatan dunia usaha.

Secara terpisah Syafrizal Efendi Sitorus SH, didampingi Syafrizal Koto , dari teh serai dapur “ Dua Saudara “ yang beralamat di Jalan Binjai KM.12 Gang Gardu no 21 Desa Purwodadi, Dusun XI Deli serdang, mengkisahkan  ide pendirian usaha teh serainya. Menurut dia selama ini tumbuhan serei adalah sangat berkhasiat akan kesehatan. Selama ini  untuk  mendapatkannya mereka menumbuk dan  mencincang secara teradisional dijadikan  serei sebagai minuman. Dasar ini kita produksi dengan mengkemasnya secara teknologi untuk memudahkan masyarakat dalam mengkonsumsinya. Selain itu memberikan wawasan kepada masyarakat bahwa serei bukan hanya untuk kepentingan bumbu masak, Ia mengakui, sebelumnya ia mengamati adanya minyak  serei wangi untuk obat, Hal ini mendorong untuk memanfaatkan serei biasa bagi kesehatan masyarak secara herbal. “ Alhamdulillah dari pengakuan masyarakat yang telah mengkonsumsi  teh celup serei itu bermanfat akan kesehatan masyarakat. Seperti, diabetes,kanker, Anemia, Detoksifikasi  Hifertensi, system syaraf dan lain “ tuturnya,

Ia mengkui dengan hadirnya usaha ini,petani serei ikut mendapat hasil, dimana selama ini hanya terbatas  keperluan dapur semata ,kini telah dikembangakan bagi kesehatan masyarakat.

Walau usaha yang sudah dikembangakan tahun 2017 lalu, sudah disebar luaskan lewat UMKM Sumut, melalui beberapa even promosi bahkan telah dicicipi penguaha terkenal Sandiaga Uno dalam sautu bazaar. Syarial sangat berterimakasih atas bantuan yang dilakukan MUI Sumatera Utara lewat promosi siaran straming. Ia yakin  siaran live, salah satu media online yang sangat digandrungi  masyarakat saat ini dan akan lebih mengetahui keberadaan teh serai dua bersaudara, yang sudah disertifikat halal MUI , Bahkan katanya sudah mendapat izin dari Dinkes Kabuapten Deliserdang, “ Saya yakin dengan kehadirian di kedai wakaf MUI SU ini, teh celup serei  lebih dikenal “ tuturnya sembari memperkenal  beberapa kemasan produknya.

Sementara pengusaha UMKN bidang alat kebersihan, di kecmatan Tanjung Morawa  Syahruddin , mengaku usahanya kini memproduksi kain pel, sapu dan lain terus berkembang dan sudah dipasarkan kebeberapa provinsi diluar Sumatera Utara.

Ia mengakui usaha ini dapat membantu masyarakat dengan memperkerjakan diperusahaannya. Ia berharap usaha alat kebersihan ini dapat berkembang dengan adanya bantuan PINBAS MUI SU untuk memperomosikan usahanya melalui siaran streaming MUI SU , Ia mengakui saat ini promosi melalui dunia online, begitu maju. Semoga kehadiran tersebut lewat siaran langsung teraming MUI SU,akan meningkatkan

Produknya sihingga akan menambah tenaga kerja  , Dengan demikian keberadan UMKN semakin dirasakan perannya . ( husni as)