Wednesday, 28 October, 2020

Ketua MUI SU: Imam dan Khatib Punya Peran Besar Bagi Peningkatan ibadah Umat.


muisumut.com. Medan,- Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Sumatera Utara, selama 2 hari ( 5/6 -10) melakukan pelatihan bagi imam dan khatib  dari beberapa daerah terpencil dan minoritas muslim di Sumatera Utara sebanyak 96 orang di Aula  MUI SU. Hal itu dijelaskan Ketua Komisi Sosial dan Lingkungan hidup Dr AbdulHamid Ritonga MA, saat membuka kegiatan tersebut.

Menurut mantan Kandepag Simalungun itu, pelatihan dua gelombang sebanyak 48 per gelombang , peliputi tahsin, qiraan Al Qur’an agar para imam lebih fasih dalam membaca ayat -ayat saat mengimami shalat dan khatib.

” Ini kegiatan sosial dalam meningkatkan kwalitas imam dan khatib yang turunannya dapat meningkatkan kwalitas ibadah umat sebagai makmum “ ungkapnya.

Ia juga menyebutkan pelatihan ini juga dilakukan praktek bacaan Al Qur’an yang langsung dibimbing narasumber  yang sudah berpengalaman .

Ditambahkannya dipilihnya Iman dan khatib dari daerah terpencil dan minioritas, mengingat kesempatan untuk meningatkan ilmu bagi imam dan khatib  sangat terbatas guru pembimbing.  Jadi pelatihan yang dilaksanakan Komisi Sosial MUI SU akan menambah wawasan mereka, apalagi dilakukan praktek.

Dalam pelaksanaan praktek dibagi dalam 3 kelompok baik yang langsung  dibimbing oleh tiga orang nara sumber. Adapun nara sumber terdiri dari Drs H Sutan Syahrir Dalimunthe, MA, salah seorang hafiz dan hakim dalam MTQ di Sumut. H Akhyar Nasution , jebolan luar negeri bidang pendidikan agama Islam, Dan qori Raihan salah seorang qoriah .

Ketua Umum MUISU Prof Dr H Abdullah Syah MA, dalam arahannya ketika membuka pelatihan itu, meminta para imam dan khatib,   menyadari  tugas memberikan pendidikan kepada imam khatib dengan tujuan  lebih menguasi Al Quran adalah tugas dakwah dalam membela Al Qur;an. Ilmu mempelajari Al Quran ini bukan hanya untuk prabadi semata bagi imam dan khatib juga  bagi umat yang mendapatkan pendidikan Al Qur,an melalui imam shalat dan khatib. Untutk itu pinta Ketua MUI SU, bagi imam dan khatib yang  mendapat kesempatan pelatihan ini, dapat belajar secara tekun dan sungguh –sungguh penuh kesabaran supaya ilmu yang diperoleh sempurna .Ia menyebutkan belajar dapat kebaikan satu dan menyampaikan hasil belajar itu sepuluh kebaikan. Untuk itu para iman dan khatib harus menyadari peran strategis. “ Imam dan khatib punya peran dalam meningkatkan ibadah umat “ , ungkap, Ketua MUI SU itu dan menyambut baik kegiatan yang dilakuan Komisi Sosial dan Lingkungan Hidup itu, (husni.as)      

//
Konsultasi
Kirimkan via WhatsApp?