Friday, 26 February, 2021

DP MUI Sumsel Kunjungi MUI Sumut, Pelajari PTKU


muisumut.com. Medan.-Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia Provinsi Sumatera Selatan, dipimpin Dr Mahmudin, selaku sekretaris beserta Nukholis dari Komisi Fatwa dan A Sukirman, bendahara MUI Sumsel, mengunjungi MUI Sumatera Utara, Rabu (23/12). Kehadiran mereka disambut DP MUI SU, Prof Dr H.Abdullah Syah, MA., Dr.H.Maratua Simanjuntak, Dr.H.Ardiansyah MA, dan Irwansyah MHI serta Dr. H. Amar Adli, LC, MA dari Komisi Fatwa MUI-SU dan dilakukan pertemuan di ruang pertemuan MUI SU. Menurut Dr Mahmudin, kehadiran mereka ke MUI-SU, selain kunjungan silatrurrahim, secara khusus untuk melihat lebih dekat tentang keberadaan MUI-SU yang selama ini cukup ternama sebagai MUI terbaik di Indonesia. Khususnya tentang keberadaan Pendidikan Kader Ulama (PTKU) sebagai upaya dalam membentuk dan pengkaderan ulama masa depan. ” kami ingin belajar tentang PTKU MUI-SU ‘tuturnya.

kunjugan ke asrama dan tempat belajar PTKU MUI Sumut

            Dr.H.Ardiansyah MA, selaku Direktur  Pendidikan Tinggi Kader Ulama (PTKU) MUI-SU, menjelaskan tentang keberadaan perkembangan PTKU MUI SU, yang kian hari terus berkembang dalam membentuk dan melahirkan ulama dimasa mendatang, Terkait dengan MUI-SU meningkatkan PKU menjadi PTKU tidak  lain agar kwalitas mereka lebih ditingkatkan, sehingga lebih kwalitas ilmu yang dserap selama ini lebih memadai.” jika selama dalam PKU hanya sebatas pelatihan, namun lewat  PTKU para santri di didik  selama tiga tahun ” katanya.

Dengan demikian lanjut Ardiansyah, para santri yang diterjunkan ke desa punya ilmu dan wawasannya lebih memadai.

            Dijelaskan pula keberadaan mahasiswa PTKU selama tiga tahun masa pendidikan ditanggung MUI-SU, dengan cuma-cuma baik asarama dan sarana pendidikan. Selain itu para mahasiswa diberi kesempatan untuk di daftarkan pada salah satu pendidikan tinggi, sehingga memberikan kesempatan bagi mahaiswa nantinya untuk melanjutkan pendidikan ketingkat tinggi pendidikan Islam setelah menyelesaikanPTKU .”Saat ini sebahagian besar alumni PTKU MUI SU sudah meraih gelar S-1 hingga S-3 dari berbagai perguruan tinggi di Sumut ” ungkapnya.

Studio Kewa Broadcast salah satu laboratorium mahasiswa PTKU

Pada kesempatan itu Dr. H. Maratua Simanjutak selaku Ketua MUI SU baru terpilih untuk 2020 – 2025, memberikan penjelasan tentang keberadaan MUI SU. Juga, hal yang sama mantan Ketua Umum MUI-SU Prof Dr.H.Abdullah Syah MA juga menjelaskan tentang perkembangan MUI-SU kepada tamu dari daerah ” wong kito “itu. Usai pertemuan melakukan peninjauan keruang perkuliahan dan asrama PTKU serta laboratorium intrepreneurship wakaf produktif bagi mahasiswa PTKU dalam menambah berbagai kegiatan dalam menambah wawasan dan kelimuam mahasiswa. Laboratorium yang dimulai pada tahun 2018 kini telah memiliki 3 unit usaha, yaitu minimarket, coffeeshop, dan studio boradcast yang saat ini lebih dikenal dengan nama KedaiWakaf MUI Sumut (husni.as)   

//
Konsultasi
Kirimkan via WhatsApp?