MUI Sumut Gelar Pekan Diskusi Digital

0
121 views

MEDAN (muisumut.com) – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Utara, Bidang/ Komisi Informatika dan Komunikasi menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan mengambil tema ‘Pembekalan Ulama di Era Informasi Digital’ yang dilaksanakan di aula MUI Jalan Majelis Ulama Nomor 3 Medan selama beberapa hari.

Ketua Bidang Informatika dan Komunikasi MUI Sumut,Dr.H.Akmaluddin Syahputra,M.Hum Ketika membuka kegiatan itu, Senin (30/8/2021) menjelaskan, FGD menghadirkan pakar informasi teknologi yakni para admin dibidang pemberitaan digital dari berbagai media yang ada di Kota Medan.

Akmal didampingi Sekretaris Dr.Wirman Tobing MA menjelaskan, kegiatan FGD ini digelar sebagai upaya mendiskusikan apa dan bagaimana cakupan yang sangat dipahami oleh para ulama, sekaitan dengan era digital yang berkembang pesat.

“Intinya, dalam kegiatan ini bertujuan untuk ekplore ide tentang pembekalan ulama era informasi digital. Pembekalan ulama terkait pengetahuan,sensitisasi dan keterampilan terkait pemanfaatan teknologi informasi digital. Identifikasi konten, aplikasi, metode dan strategi penggunaan medsos untuk berdakwah,” terang Akmal.

Akmal menjelaskan rangkaian acara diskusi juga berlanjut pada Selasa(31/8) dengan menghadirkan akademisi,serta Rabu(1/9) untuk para wartawan/reporter dan penggiat media sosial dan pada sesi terakhir,Kamis(2/9) dengan peserta para ulama.

Dalam diskusi dengan fasilitator Rustam MA menyebutkan, peserta memberikan gagasan dalam menggunakan media sosial antaranya, hendaknya bisa memfilter berita yang dibaca atau informasi yang diterima, agar dipastikan kebenaranya bisa mengecek kebenaran di: www.turnbackhoax.id.

“Sangat perlu mempelajari bagaimana cara untuk membuat konten secara khusus di dunia maya, agar bisa menjadi tempat berdakwah,” sebut Rustam.

Selain itu, sambung Rustam, dengan memahami teknologi, maka akan terkesan ulama tersebut sudah masuk ranah kekinian atau sejalan dengan kaum milenial. Sehingga ulama tersebut bukan saja bergerak konvensional tapi juga bergerak secara digital. (wsp)