Alumni PKU MUI Sumatera Utara Raih Doktor Hukum Islam

0
425 views

muisumut.com. Alumni PKU MUI SU Angkatan Pertama, Irwansyah raih gelar Doktor dalam bidang Hukum Islam di Pascasarjana UIN Sumatera Utara pada 30 Agustus 2021.

Disertasi dengan Judul “Dinamika Fatwa Al Jam’iyatul Washliyah (Analisis Fatwa 1997-2020) Dinyatan Lulus dengan Nilai A (Sangat Memuaskan). Disertasi Irwansyah Dibimbing dan diuji oleh Prof. Dr. Nawir Yuslem, MA dan Dr. H.M Jamil, MA. Sebagai penguji internal lain adalah Dr. Mhd. Syahnan, MA dan Dr. Dhiauddin Tanjung, MA. Sementara itu penguji Luarnya adalah Guru Besar UIN Ar Raniry Banda Aceh, Prof. Dr. Syahrizal Abbas, MA. Sidang yang dipimpin Direktur PPs Prof. Dr. Hasan Bakti Nasution, MA sebagai Ketua yang juga saat ini adalah Direktur Pendidikan Tinggi Kader Ulama (PTKU) MUI Sumatera Utara tempat dimana Irwansyah di Kader.

Disertasi Irwansyah menemukan bahwa Pasca dirubahnya Kembali Anggaran Dasar pada Muktamar 2015 yang dikembalikan kepada Mazhab Syafii dalam fikihnya, maka Fatwa-fatwa Al Washliyah setelahnya tidak lagi Dinamis dan “bebas” merespon perkembangan zaman yang terus maju dan mutakhir. Padahal Muktamar Bandung 1997 sudah membuka peluang Dewan Fatwa untuk Dinamis karena Anggaran Dasar dalam bidang fikihnya “Mengutamakan Mazhab Syafii”. Di sisi lain bahwa Fatwa-fatwa Al Washliyah mengalami perkembangan dan menyesuaikan dengan konteks kekinian, fatwa tidak lagi menunggu adanya pertanyaan secara resmi, fatwa Al Washliyah dapat terbit karena menjawab pertanyaan(responsif), atau karena faktor menyikapi perkembangan hukum Islam(reaktif) bahkan dalam rangka untuk melindungi warga Al Washliyah secara khusus dan umat Islam secara umum fatwa dapat diterbitkan (Antisipatif-Protektif).

Irwansyah merupakan alumni PKU MUI SU saat ini diamanahkan beberapa posisi di MUI SU yakni Sekretaris Membidangi Fatwa, Wakil Sekretaris PTKU MUI SU, Pengurus PINBAS MUI Cabang Sumut, Redaktur Majalah Media Ulama Rubrik Fatwa, dan Wakil Direktur Halal Mart MUI SU mendampingi Dr. H. Akmaluddin Syahputra, M.Hum sebagai Direktur.
Menurut Irwansyah Promosi Doktor adalah akhir dari Pendidikan resmi di Kampus, namun adalah awal untuk Kembali belajar khususnya studi ilmu-ilmu Agama yang masih harus banyak diketahui.

Irwansyah mengucapkan terimakasih kepada Ketua Umum MUI SU, Dr. H. Maratua Simanjuntak yang telah memberinya support izin untuk cuti dua bulan demi menyelesaikan kuliah. Disertasi Irwansyah dipersembahkannya kepada almarhum gurunya, Prof. Dr. H. Ramli Abdul Wahid, MA.