Pembekalan Ulama Di Era Digital, MUI Sumut kumpulkan para Penggiat Media Sosial dan Jurnalis

0
131 views

MEDAN(muisumut.com): Penggiat media sosial (Medsos) bersama para jurnalis media cetak, media online dan televisi, menjadi peserta Fokus Group Discussion (FGD), digelar Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Utara, Bidang Informatika dan Komunikasi Rabu (1/9) di Aula MUI Sumut.

Ketua Bidang Informatika dan Komunikasi MUI Sumut, Dr.H.Akmaluddin Syahputra,M.Hum menyebutkan kegiatan dengan thema, Pembekalan ulama di era informasi digital, memasuki hari ketiga.
“FGD ini berlangsung empat sesi,sudah berlangsung dua sesi, pertama kita mengumpulkan para pakar IT, sesi kedua kita berdiskusi dengan para akademisi dan hari ini sesi ketiga bersama pegiat media social. Kegiatan ini tujuannya, kita ingin membuat garis-garis besar  bagaimana kita harus membekali ulama, dalam era digital. Selanjutnya pokok-pokok pikiran dalam FGD ini, akan dilanjutkan dalam bentuk buku,” ujar Akmaluddin bersama fasilitator, Rustam.
Saat FGD berlangsung, peserta kegiatan menyampaikan ide dan tips, agar ulama tetap update dengan media digital, karena media digital bisa dijadikan penyampai pesan dan nasehat keagamaan kepada masyarakat luas, maka sangat perlu dan tidak malu belajar.

Peserta juga menyampaikan, bagaimana cara membuat dan membaca postingan, mendisain profil instagram,  memfollow akun tersebut dan lain sebagainya.

Konsep membuat konten agar menarik dan dibaca khalayak juga sangat penting dipelajari, sehingga pesan yang disampaikan tidak monoton.

Selain itu, sebagai sosok pemberi pencerahan kepada masyarakat luas, ulamapun perlu mengetahui topik yang sedang trend dan perlu sentuhan atau campurtangan ulama dalam pembahasanya.
Kegiatan FGD juga memberi saran agar digelar pelatihan khusus bagi para ulama agar paham tentang digital yang bisa dijadikan media penyampai pesan kepada masyarakat.

Akhir kegiatan peserta dari media cetak,online dan televisi serta penggiat media sosial akan mendukung proses pembekalan pemanfaatan media sosial dan digital jika diperlukan.()